Kisah Nabi Hud AS: Peringatan, Hukuman dan Binasanya Kaum 'Ad Oleh Angin yang Pedih

Kisah Nabi Hud AS: Peringatan, Hukuman dan Binasanya Kaum 'Ad Oleh Angin yang Pedih

Kisah Nabi Hud AS memberikan peringatan kepada Kaum 'Ad --

SUMEKS.CO - Allah SWT mengutus Nabi Hud AS kepada Kaum 'Ad yang telah tinggal bertahun-tahun di perbukitan yang berangin di daerah antara Yaman dan Oman.

Nabi Hud AS merupakan seorang lelaki mulia yang menjalankan tugasnya dengan penuh keteguhan dan toleransi. Namun tetap saja kesombongan kaum 'Ad telah membuat mereka binasa oleh angin yang pedih.

Sementara kaum 'Ad sendiri adalah mereka secara fisik berbadan tegap dan terkenal karena keahliannya terutama dalam pembangunan gedung-gedung tinggi dengan menara yang tinggi.

Kaum 'Ad menonjol di antara semua bangsa dalam hal kekuasaan dan kekayaan, yang sayangnya membuat mereka sombong dan sombong.

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS Seorang Raja Adil dan Sabar yang Mampu Menahan Godaan Iblis

BACA JUGA:Kisah Nabi Ilyasa AS yang Membimbing Bani Israil Untuk Kembali Pada Ajaran Tauhid Beserta Mukjizatnya

Kekuasaan politik mereka berada di tangan penguasa yang tidak adil, sehingga tidak ada seorang pun yang berani bersuara.

Namun demikian, mereka adalah masyarakat yang tahu dan tidak mengabaikan keberadaan Allah, mereka juga tidak menolak ritual ibadah, hanya saja yang mereka tolak adalah beribadah kepada Allah SWT.

Mereka juga menyembah dewa-dewa lain, termasuk berhala. Ini adalah dosa yang tidak diampuni Allah.

Itulah mengapa Allah SWT kemudian ingin membimbing dan mendisiplinkan Kaum 'Ad ini dengan mengutus seorang nabi, yaitu Nabi Hud AS yang juga berasal dari kalangan kaum 'Ad.

BACA JUGA:Dakwah Nabi Ilyas AS Menyebarkan Agama Tauhid Kepada Bani Israil Penyembah Berhala

BACA JUGA:Rahasia Sukses! Dibalik Kisah Nabi Sulaiman Menaklukkan Ratu Balqis, Pemimpin Kerajaan Saba

Ibnu Jarir meriwayatkan bahwa dia adalah Hud Ibnu Shalikh, Ibnu Arfakhshand, Ibnu Sam, Ibnu Nuh. (yaitu Nabi generasi ke 5 setelah nabi Nuh AS).

Nabi Hud AS mengutuk keras penyembahan terhadap berhala dan menegur umatnya:

"Umatku, apa manfaat dari batu-batu yang kamu pahat dengan tanganmu sendiri dan disembah ini? Kenyataannya itu adalah penghinaan terhadap akal. Hanya ada Satu Tuhan yang layak disembah dan itu adalah Allah, maka beribadah kepada-Nya saja wajib bagimu.

“Dia yang menciptakanmu, Dia yang memberi rezeki bagimu, dan Dialah yang mematikanmu. Dia yang memberimu fisik yang indah dan memberkatimu dalam banyak hal. Maka percayalah kepada-Nya dan jangan buta terhadap nikmat-nikmat-Nya, atau nasib yang sama. yang membinasakan umat Nuh akan menyusul kamu.”

BACA JUGA:Sebelum Mesir Dibebaskan, Nabi Muhammad SAW Beri Isyarat Pada Umat Islam di Awal Ramadhan 20 Hijriyah

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Minta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Ratu Balqis, Berikut Bacaannya!

Dengan alasan seperti itu Hud berharap dapat menanamkan keimanan kepada mereka, namun mereka menolak menerima pesan yang disampaikan oleh Nabi Hud AS.

Kaumnya bertanya kepadanya: "Apakah Anda ingin menjadi tuan kami dengan panggilan Anda? Pembayaran apa yang Anda inginkan?"

Hud mencoba membuat mereka mengerti bahwa dia akan menerima bayaran (pahala) dari Allah; dia tidak menuntut apa pun dari mereka kecuali mereka membiarkan cahaya kebenaran menyentuh pikiran dan hati mereka.

Hud mencoba berbicara kepada mereka dan menjelaskan tentang nikmat Allah: bagaimana Allah SWT menjadikan mereka penerus Nuh, bagaimana Dia memberi mereka kekuatan dan kekuatan, dan bagaimana Dia mengirimkan hujan untuk menghidupkan kembali tanah.

BACA JUGA:Jangan Asal! Nabi Adam As Keluar dari Surga Bukan Karena Makan Buah Khuldi, Begini Penjelasan Lengkap Gus Baha

BACA JUGA:Masyaallah! Tamparan Nabi Pembelah Lautan Ini Bikin Mata Malaikat Maut Lepas, Sorot Matanya Buat Merinding

Kaum Hud melihat sekeliling mereka dan mendapati bahwa merekalah yang terkuat di muka bumi, sehingga mereka menjadi semakin sombong dan keras kepala.

Oleh karena itu mereka banyak berdebat dengan Hud. Mereka bertanya: “Wahai Hud! Apakah kamu mengatakan bahwa setelah kami mati dan menjadi debu, kami akan dibangkitkan kembali?”

Beliau menjawab: “Ya, kalian akan kembali pada hari kiamat dan masing-masing dari kalian akan ditanya tentang apa yang telah kalian lakukan.”

Gemuruh tawa terdengar setelah pernyataan terakhir. "Betapa anehnya pernyataan Hud!" Orang-orang kafir itu bergumam satu sama lain. 

BACA JUGA:Makhluk Pilihan Allah SWT, Tapi Ada 1 Permintaan Nabi Muhammad SAW yang Ditolak Allah SWT, Apa Itu?

BACA JUGA:Ketinggalan Sandal di Surga, Nabi Idris Bersama 3 Nabi Ini Masih Hidup Hingga Sekarang

Mereka percaya bahwa ketika manusia meninggal, tubuhnya akan membusuk dan berubah menjadi debu yang tersapu angin. Bagaimana itu bisa kembali ke keadaan semula? 

Lalu apa pentingnya Hari Kiamat? Mengapa orang mati menjadi hidup kembali?

Semua pertanyaan tersebut diterima dengan sabar oleh Hud. Beliau kemudian berpesan kepada kaumnya mengenai hari kiamat. 

Beliau menjelaskan bahwa keyakinan terhadap Hari Pembalasan sangat penting bagi keadilan Allah, mengajarkan mereka hal yang sama seperti yang diajarkan setiap nabi tentang hal itu. 

BACA JUGA:Sombong dan Congkak! Iblis Nyaris Bertobat Melalui Nabi Musa, Satu Syarat Membuatnya Berpaling

BACA JUGA:Ketika Semua Iblis Dipenjara Nabi Sulaiman, Diluar Dugaan Ini yang Dialami Manusia

Nabi Hud AS menjelaskan kepada mereka bahwa dewa-dewa yang mereka sembah akan menjadi sebab kehancuran mereka, bahwa hanya Allah saja yang menyelamatkan manusia, dan tidak ada kekuatan lain di muka bumi ini yang dapat memberi manfaat atau merugikan siapa pun.

Konflik antara Hud dan kaumnya terus berlanjut. Tahun-tahun berlalu, dan mereka menjadi semakin sombong, semakin keras kepala, semakin kejam dan semakin menentang pesan nabi mereka.

Selanjutnya mereka mulai menuduh Hud sebagai orang gila yang gila. Suatu hari mereka mengatakan kepadanya: "Kami sekarang memahami rahasia kegilaanmu: kamu menghina dewa-dewa kami dan mereka menyakitimu; itulah sebabnya kamu menjadi gila."

Hud harus membalas tantangan mereka. Dia tidak punya cara lain selain kembali kepada Allah saja, tidak ada alternatif lain selain memberikan ultimatum yang mengancam.

BACA JUGA:Begini Kisah Tentang Buraq, Kendaraan Setia Menemani Nabi Muhammad SAW Saat Isra Mi'raj

BACA JUGA:Tahukah Kamu Apa Itu Isra Mi'raj, Ini Penjelasan, Sejarah Singkat serta Buraq Kendaraan Nabi Muhammad SAW

Dia menyatakan kepada mereka: " Aku berseru kepada Allah untuk bersaksi dan memberi kesaksian kepada kalian bahwa aku terbebas dari apa yang kalian anggap menyekutukan ibadah dengan-Nya (Allah).

Maka berkomplotlah melawan aku, kalian semua dan jangan beri aku kelonggaran. Aku meletakkan tawakalku kepada Allah, Tuhanku dan Tuhanmu! Tidak ada makhluk (yang hidup) yang bergerak melainkan Dia yang memegang jambulnya.

Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang Lurus (yang sebenarnya). Maka jika kamu berpaling, aku tetap saja telah menyampaikan risalah yang aku kirimkan kepadamu. Tuhanku akan membuat kaum lain menggantikanmu, dan kamu tidak akan menyakiti-Nya.

Dengan demikian Hud meninggalkan mereka dan tuhan-tuhan mereka dan menegaskan ketergantungannya pada Allah yang telah menciptakannya.

BACA JUGA:Jibril Bertugas Menyampaikan Wahyu, Nabi Muhammad Sudah Wafat, Benarkah Jibril Purna Tugas? Ini Penjelasan UAS

Hud menyadari bahwa hukuman akan dijatuhkan kepada orang-orang kafir di antara kaumnya. Itu adalah salah satu hukum kehidupan. Allah menghukum orang-orang kafir, tidak peduli seberapa kaya, kejam, atau hebatnya mereka.

Hud dan kaumnya menantikan janji Allah. Segera kekeringan melanda seluruh negeri, karena langit tidak lagi menurunkan hujan.

Matahari seolah membakar pasir gurun dan tampak seperti piringan api yang hinggap di kepala manusia.

Kaum Hud bergegas mendatanginya dan bertanya: “Kekeringan apa itu, Hud?”

BACA JUGA:Bukan Nabi dan Rasul, Tapi 2 Manusia Ini Sangat Ditakuti Setan dan Iblis, Siapa Dia?

Nabi Hud AS menjawab: “Allah murka kepadamu. Jika kamu beriman kepada-Nya, Dia akan menerimamu dan hujan akan turun dan kamu akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.”

Nabi Hud AS masih memberikan toleransi apabila umat berpikir dan menerima kebesaran Allah SWT, tapi mereka justru tidak bertaubat.

Mereka mengejeknya dan menjadi lebih keras kepala, sinis dan sesat dalam ketidakpercayaan mereka. Kekeringan meningkat, pepohonan menguning, dan tanaman mati.

Suatu hari tiba ketika mereka menemukan langit penuh awan. Kaum Hud bergembira ketika mereka keluar dari tenda mereka sambil berseru: "Awan yang akan memberi kita hujan!"

BACA JUGA:Ashara Mubashara, Profil 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijanjikan Surga Semasa Hidupnya

Cuaca tiba-tiba berubah dari kering dan panas terik menjadi dingin menyengat, disertai angin yang mengguncang segalanya: pepohonan, tanaman, tenda, laki-laki dan perempuan. Angin meningkat hari demi hari dan malam demi malam.

Kaum 'Ad mulai melarikan diri. Mereka berlari ke tenda mereka untuk bersembunyi, namun angin kencang semakin kencang, merobek tenda mereka dari pasaknya.

Mereka bersembunyi di bawah selimut kain, namun angin kencang semakin kencang dan merobek selimut tersebut.

Angin itu bahkan menyayat pakaian dan kulit. Juga menembus lubang tubuh dan menghancurkannya.

BACA JUGA:Praktik Sehat Ajaran Sang Nabi, Ketahui Titik dan Waktu Serta Sunnah Berbekam

Angin itu hampir tidak menyentuh apa pun sebelum dihancurkan atau dibunuh, intinya tersedot hingga membusuk dan membusuk. Badai tersebut berlangsung selama delapan hari tujuh malam.

Angin kencang itu tidak berhenti sampai seluruh wilayah menjadi reruntuhan dan orang-orang jahatnya hancur, ditelan pasir gurun.

Hanya Hud dan para pengikutnya yang tidak terluka. Mereka hijrah ke Hadramaut dan tinggal di sana dengan damai, beribadah kepada Allah SWT, Tuhan mereka yang sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: