Kisah Nabi: Saleh AS dan Kaum Tsamud yang Keras Kepala Menolak Risalah

Kisah Nabi: Saleh AS dan Kaum Tsamud yang Keras Kepala Menolak Risalah

Kisah munculnya Unta betina dari sebongkah batu--

SUMEKS.CO - Kisah Nabi Saleh AS dan kaum Tsamud yang keras kepala menerima risalah yang diterima dari Allah SWT telah disampaikan melalui Al-Qur'an.

Nabi Saleh AS memiliki kisah yang menarik, apalagi terkait mukjizat unta betina, dan karena Allah bahkan tidak hanya menceritakannya satu kali dalam Al-Quran, tapi berkali-kali.

Nabi Saleh AS tinggal di wilayah Al-Hajr, yang terletak di sepanjang jalur perdagangan dari Arabia Selatan hingga Suriah.

Kota "Madain Saleh" terletak beberapa ratus kilometer sebelah utara Madinah di Arab Saudi modern, dinamai menurut namanya.

BACA JUGA:Kisah Nabi Hud AS: Peringatan, Hukuman dan Binasanya Kaum 'Ad Oleh Angin yang Pedih

BACA JUGA:Sebelum Mesir Dibebaskan, Nabi Muhammad SAW Beri Isyarat Pada Umat Islam di Awal Ramadhan 20 Hijriyah

Bahkan situs bersejarah peninggalan tempat tinggal batu bagi kaum Tsamud masih terlihat di sana hingga saat ini.

Ketika itu Nabi Saleh AS dipanggil untuk menyampaikan pesan kepada kaum Tsamud yang sombong dan menyembah berhala.

Menurut Al-Qur'an, orang-orang ini mengolah tanah subur yang sangat subur, dan mereka menjadi sangat sombong karena kekayaan mereka.

Mereka juga menyembah banyak tuhan, menindas orang-orang miskin di tengah-tengah mereka dan menjalani kehidupan yang jauh dari kehidupan yang Allah SWT ingin mereka jalani.

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS Seorang Raja Adil dan Sabar yang Mampu Menahan Godaan Iblis

BACA JUGA:Kisah Nabi Ilyasa AS yang Membimbing Bani Israil Untuk Kembali Pada Ajaran Tauhid Beserta Mukjizatnya

Padahal ketika itu pesan Nabi Saleh AS sangat sederhana: Beliau menyuruh umatnya untuk menjauhi perilaku buruk dan sebaliknya, kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah, yang memberi mereka segala kebaikan yang mereka nikmati.

Tampaknya pesan itu tidak terlalu sulit untuk dipahami, namun kaum Tsamud sangat keras kepala dan menolak menerima risalah yang disampaikan Nabi Saleh AS kepada mereka.

Namun hal yang sangat menarik untuk diikuti dalam kisah Nabi Saleh AS adalah cara Allah memilih untuk berbicara kepada kaum Tsamud melalui kisah seekor unta!

Ini mungkin hal pertama yang harus diperhatikan tentang kisah Nabi Saleh AS yang diceritakan dalam Al-Qur'an.

BACA JUGA:Dakwah Nabi Ilyas AS Menyebarkan Agama Tauhid Kepada Bani Israil Penyembah Berhala

BACA JUGA:Rahasia Sukses! Dibalik Kisah Nabi Sulaiman Menaklukkan Ratu Balqis, Pemimpin Kerajaan Saba

Kisah yang diceritakan dalam Al-Qur'an berjalan seperti ini. Kaum Tsamud sangat angkuh dan mereka menolak menerima bahwa Saleh adalah utusan yang diutus Tuhan, maka mereka meminta tanda kepadanya untuk membuktikan kredibilitasnya. [Hud:62]

Faktanya, kaum Tsamud menanyakan kepada Nabi Saleh AS bukan hanya tanda apa pun, tetapi sesuatu yang sangat spesifik. 

Mereka menunjuk pada sebuah batu besar yang berdiri sendiri, dan mengusulkan kepada Nabi Saleh AS agar ia meminta kepada Allah SWT untuk menciptakan seekor unta betina dari batu tersebut.

Meskipun mereka keras kepala, Nabi Saleh AS melakukan hal ini, dengan syarat bahwa mereka akan beriman kepada Allah SWT jika Allah mengeluarkan unta betina dari batu, dan mereka menyetujuinya.

BACA JUGA:Banyak Belum Tahu, Berikut 8 Keistimewaan Mengkonsumsi Buah Kurma Sesuai Anjuran Nabi

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Minta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Ratu Balqis, Berikut Bacaannya!

Nabi Saleh AS kemudian mengangkat tangannya seraya berdoa dengan khusyuk kepada Allah SWT agar permintaan mereka dikabulkan. 

Batu besar itu bergerak dan terbelah, dan dari situ keluarlah seekor unta betina yang cantik, sedang hamil dan akan segera melahirkan. 

Allah SWT memberikan mukjizat ini kepada kaum Tsamud untuk menguji mereka, untuk melihat apakah mereka akan mematuhi perintah-Nya. 

Nabi Saleh AS berkata kepada mereka:
Wahai bangsaku! Unta betina Allah ini adalah tanda bagimu. Biarkan dia makan di bumi Allah, dan jangan menyakitinya, atau siksa yang cepat akan menimpamu! [Hud:64]

BACA JUGA:Gempar! Alquran Tertua di Dunia yang Ditulis Pada Zaman Nabi Muhammad SAW Ditemukan, Isinya Bikin Merinding

BACA JUGA:Jangan Asal! Nabi Adam As Keluar dari Surga Bukan Karena Makan Buah Khuldi, Begini Penjelasan Lengkap Gus Baha

Hingga setelah mukjizat itu turun, unta tersebut tinggal di tengah masyarakat Tsamud, dan tak lama kemudian ia melahirkan seekor anak sapi.

Beberapa orang menerima untuk percaya kepada Allah SWT karena apa yang mereka lihat sendiri, dan karena apa yang mereka janjikan.

Susu Unta betina Nabi Saleh itu dapat diperah dan dinikmati oleh Kaum Tsamud. Namun, unta tersebut meminum banyak air, sehingga warga khawatir atas keberadaan unta.

Hingga sebagai dari mereka mulai membenci unta itu, karena unta itu mengingatkan mereka pada Nabi Saleh AS dan janji yang telah mereka buat kepadanya.

BACA JUGA:Masyaallah! Tamparan Nabi Pembelah Lautan Ini Bikin Mata Malaikat Maut Lepas, Sorot Matanya Buat Merinding

BACA JUGA:Makhluk Pilihan Allah SWT, Tapi Ada 1 Permintaan Nabi Muhammad SAW yang Ditolak Allah SWT, Apa Itu?

Alih-alih meyakinkan mereka untuk bersikap baik terhadap hewan tersebut, mereka justru memilih untuk menyakitinya. [Al-A`raf:75-7]

Seolah-olah kekafiran mereka belum cukup, mereka juga menantang Nabi Saleh AS untuk menjatuhkan hukuman Allah SWT kepada mereka jika dia memang seorang Nabi.

Sembilan laki-laki di antara kaum Tsamud, pergi ke unta dan anaknya di malam hari, mereka memanah dan menyembelih unta Nabi Saleh AS hingga unta tersebut mati.

Nabi Saleh AS marah atas perbuatan keji tersebut. Unta itu pastinya tidak menyakiti mereka, katanya.

BACA JUGA:Ketinggalan Sandal di Surga, Nabi Idris Bersama 3 Nabi Ini Masih Hidup Hingga Sekarang

BACA JUGA:Sombong dan Congkak! Iblis Nyaris Bertobat Melalui Nabi Musa, Satu Syarat Membuatnya Berpaling

Bersenang-senanglah di rumah selama tiga hari. Inilah janji yang tidak akan diingkari. [Hud:65]

Meskipun mereka mencemooh dan mencemooh pesannya, umat manusia dihancurkan. [11:67-68]

Nabi Saleh AS mengungkapkan akan datang azab bagi mereka kaum Tsamud apabila kukuh di jalan yang salah dan tidak bertaubat.

Namun kaum Tsamud tidak menghiraukan, hingga gejala kedatangan azab terlihat saat hari pertama, wajah mereka berubah menjadi kuning saat hendak bangun dari tidurnya.

BACA JUGA:Ketika Semua Iblis Dipenjara Nabi Sulaiman, Diluar Dugaan Ini yang Dialami Manusia

BACA JUGA:Begini Kisah Tentang Buraq, Kendaraan Setia Menemani Nabi Muhammad SAW Saat Isra Mi'raj

Kemudian pada hari kedua, wajah mereka nampak merah , hingga hari selanjutnya, yaitu hari ke-empat wajah mereka berubah menjadi hitam.

Sebelum hari datangnya azab, Nabi Saleh AS dan pengikutnya telah meninggalkan pemukiman Kaum Tsamud sehingga mereka terhindar dari penyakit tersebut.

Penyakit yang menimpa Kaum Tsamud justru tidak membuat mereka sadar. Parahnya, mereka murkah dan ingin membunuh Nabi Saleh.

Ketika mereka hendak membunuh Nabi Saleh AS, pertolongan datang dari Allah. Atas izin dan kebesarannya, mereka ditimpa batu-batu besar, gempa bumi yang mengguncangkan, dan petir yang menyambar-nyambar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: