Jam Tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui, Tampil dengan Desain Lebih Spiritual

Jam Tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui, Tampil dengan Desain Lebih Spiritual

Hajime Asaoka sebagai pembuat jam tangan asal Jepang yang sangat dihormati oleh dunia--

SUMEKS.CO - Hajime Asaoka terlihat lebih spiritual pada desain jam tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui.

Hajime Asaoka adalah pembuat jam tangan independen yang pendiam dari Jepang, hingga akhirnya dia menciptakan Kurono Tokyo karena banyaknya permintaan jam tangan buatannya.

Sebagai informasi pembuka, perlu diketahui bahwa Kurono Tokyo bukan termasuk merek yang konvensional di pasar horologi dunia.

Tidak semua penggemar jam tangan tahu tentang mikro brand asal jepang ini, namun siapapun pemilik jam tangan Kurono Tokyo, akan merasa seperti bagian dari Jepang.

BACA JUGA:Intip Jam Tangan TAG Heuer yang Dipakai Ryan Gosling di Film The Fall Guy

BACA JUGA:Jam Tangan Casio Baby-G X Sailor Moon, Koleksi Sempurna Bagi Kolektor Penggemar Anime Tahun 90an

Inilah yang dimaksudkan dengan pandangan yang lebih spiritual yang ditanamkan oleh Hajime Asaoka pada jam tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui ini.

Meski demikian, agak sulit untuk tidak memasukkan subjektivitas ke dalam ulasan ini, bahkan bisa dibilang ini termasuk pekerjaan yang tidak mudah.

Tapi sebagai mana yang diketahui sampai hari ini, dunia horologi telah menaruh rasa hormat kepada mikro brand Jepang, lebih khusus Kurono Tokyo.

Semua orang tahu bahwa Jepang sangat kaya dengan nilai-nilai falsafah dan budaya, sehingga aplikasi mereka terhadap sebuah karya jam tangan adalah sentuhan yang menarik.

BACA JUGA:Desain Lebih Ramping, Jam Tangan GNS2 Launch Edition Hanya Tersedia 18 Unit

BACA JUGA:Merek Jam Tangan Indie Asal Amerika Fleming Telah Merilis Jam Tangan Series 1 Launch Edition

Apalagi khususnya budaya Jepang, mereka bahkan punya penghormatan yang tinggi perihal cara menikmati secangkir teh hangat yang dinilai sangat sepele.

Nah, jika dikaitkan dengan pembuatan jam tangan yang rumit, jelas dalam hal ini Hajime Asaoka punya cara untuk mengakui inspirasi puitis di balik desain jam tangan yang dibuatnya.

Jam tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui menghadirkan tampilan hijau berkilau dan putih sehingga terlihat sangat segar.

Hajime Asaoka terinspirasi oleh sepotong batu giok alami di pantai Itoigawa. Hisui berwarna hijau muda ini berasal dari Jepang, merupakan semua batu giok yang digunakan di negara tersebut dalam 7.000 tahun terakhir. 

BACA JUGA:Memperkenalkan Jam Tangan Entry Level dari Ressence Type 8, Dibalut Casing Titanium dan Dial Minimalis

BACA JUGA:5 Jam Tangan Minimalis Terbaik dengan Efek Visual yang Memberikan Estetika Bersih dan Halus

Karena penambangan dilarang, sehingga batu giok Itoigawa yang berwarna putih kehijauan hanya dapat ditemukan saat bebatuan tersapu dari pegunungan ke pantai berkerikil di Pantai Giok.

Warna hijau pada dial jam tangan ini jelas meniru dari kerikil giok yang diambil Asaoka-san di pantai itu.

Dan harus diakui bahwa warna hijau muda yang tidak biasa ini sangat cocok dipadukan dengan pernis putih pucat yang saling melengkapi, memberikan kesan cerah pada dial jam yang Kurono Tokyo yang simetris.

Dial pada jam tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui ini memiliki kesan yang sangat manis apalagi diameter jam ini hanya berukuran 38mm.

BACA JUGA:Seiko Prospex SPB381, Jam Tangan dengan Perpaduan Antara Estetika, Fungsionalitas dan Daya Tahan

BACA JUGA:William Wood Rilis Jam Tangan Fire Exit dengan Konsep Dial yang Diisi Rambu Pada Pintu Darurat Kebakaran

Jam tangan Chronograph 3 Hisui juga memiliki dial jam yang rapi dengan indeks angka 12 yang besar dan dikelilingi oleh skala tachymeter yang serbaguna.

Sementara itu subdial pada kronografnya juga terlihat bagus, apalagi jika kolektor menyukai kronograf tahun 1940-an, maka kolektor akan mengenali pesonanya yang sempurna.

Selain itu warna terang memberikan tampilan yang bersih dan soft, ditonjolkan pula oleh kualitas cetak logo dan indeks angka dengan sentuhan krom. 

Tata letak lainnya juga dapat dikenali dengan tanggal berbingkai pada pukul 6, titik-titik halus yang menawan untuk penanda waktu, lingkaran cahaya hijau jernih, dan dua sub-dial besar berwarna hijau muda.

BACA JUGA:Rekomendasi Jam Tangan Terbaik dengan Harga Di Bawah Rp8 Jutaann, Kepuasaan Terhadap Desain dan Mesin

BACA JUGA:Casio G-Shock Mudmaster GWG-B1000, Jam Tangan Berukuran Lebar yang Lebih Lengkap dan Fungsionalitas

Sektor dial berwarna hijau dicat dengan teknik pointillism untuk teksturnya dan dilengkapi dengan partikel mikro-logam untuk meniru batu giok hijau Jepang dengan lebih baik. 

Dial jam tangan ini memiliki konstruksi dua bagian di mana register guilloche yang dipasang secara terpisah dan tersembunyi di belakang.

Warnanya hijau muda dan kehijauan lebih terang dibandingkan dengan pita radial dengan tekstur sandblasted yang berkilauan terlihat sangat luar biasa.

Chronograph 3 Hisui berbicara banyak tentang tujuan Asaoka-san terhadap merek tersebut. Akan tetapi konsepnya cukup unik. Rolex memiliki ikatan keluarga dengan Tudor.

BACA JUGA:Koleksi Jam Tangan Seiko 5 Sports yang Terinspirasi dari Anime Naruto dan Boruto Edisi Terbatas

BACA JUGA:Christopher Ward dan Oracle Time Ciptakan C65 Dune Shoreline, Jam Tangan dengan Lanskap Langit Kelabu

Nah Asaoka membandingkan seperti F.P Journe besutan Swiss-Prancis dengan nilai miliaran dengan Kurono Tokyo dengan merek kisaran Rp85 jutaan, ini pastinya merupakan langkah yang berani. 

Apalagi Hajime Asaoka pernah berkata, "Sangat sulit membuat jam tangan, tapi saya tetap membuat jam tangan karena saya ingin memberi kejutan kepada rekan-rekan pembuat jam di Swiss."

Kesulitan pekerjaannya semakin bertambah rumit  ketika proses perakitan mesin yang menampung kaliber Seiko NE86 dengan ketebalan 7,86mm, padahal casing jam ini terbilang ramping yang hanya berukuran 11,7mm.

Sekali lagi, ini bukan jam tangan konvensional, karena Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisui ini hanya dibatasi hingga ratusan dan tidak akan dibuat ulang, kolektor perlu mencoba keberuntungan di jendela penjualannya.

BACA JUGA:Richard Mille: Jam Tangan RM 74-01 Tampil Menawan dengan Tourbillon Otomatis Internal

BACA JUGA:Jam Tangan yang Dipakai Tom Nichols, Seorang Pemburu Buaya Veteran yang Telah Kehilangan Dua Jari

Terakhir jam tangan Kurono Tokyo Chronograph 3 Hisuiini tersedia dengan harga US$3.460 atau setara Rp54 jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: