Pemprov Sumsel Kembali Fasilitasi Warga Mudik Lebaran Gratis Tahun ini, Simak Rute dan Cara Daftarnya

Pemprov Sumsel Kembali Fasilitasi Warga Mudik Lebaran Gratis Tahun ini, Simak Rute dan Cara Daftarnya

Pemprov Sumsel Kembali Fasilitasi Warga Mudik Lebaran Gratis Tahun 2024--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah mengumumkan peluncuran Gerakan Mudik Gratis serentak di Sumsel (GMGSS) untuk memfasilitasi Mudik Lebaran Idul Fitri 2024 bagi warga Sumsel. 

"Pendaftaran Mudik Gratis akan dibuka secara online pada 24 Maret 2024," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Arinarsa JS kepada awak media.

Menurut Arinarsa, sosialisasi Gerakan Mudik Gratis akan dilaksanakan kepada masyarakat dalam waktu dekat. 

Selanjutnya, pada tanggal 24 Maret 2024, pendaftaran mudik gratis akan dibuka secara online.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Pangkas Jam Kerja PNS, Berikut Skema Aturan Terbaru Per Hari Ini

"Gerakan Mudik Gratis Lebaran 2024 menyediakan kuota 700 kursi menggunakan bus dan 520 kursi menggunakan kereta api," ungkapnya.

Dijelaskan Arinarsa bahwa ada 18 bus yang disediakan, terdiri dari 10 bus untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) menuju tujuan di dalam Provinsi Sumsel dan 8 bus untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menuju tujuan di Provinsi lain.

Bus dalam provinsi memiliki lima rute perjalanan, termasuk Palembang - Lahat - Pagaralam - Pendopo, Palembang - Lahat - Tebing Tinggi, Palembang - Musi Banyuasin - Lubuk Linggau - Musi Rawas Utara, Palembang - Kayuagung - Belitang - Muara Dua, dan Palembang - Muara Enim - Baturaja - Martapura - Muara Dua.

Untuk perjalanan ke tujuan luar Provinsi, terdapat beberapa rute yang disediakan, seperti Palembang - Padang Sidempuan (Medan), Palembang - Kota Medan, Palembang - Solok - Lubuk Basung (Padang), Palembang - Solo, dan Palembang - Surabaya.

BACA JUGA:Tersangka Korupsi Penjualan Aset Pemprov Sumsel Asrama Mahasiswa di Jogjakarta Bertambah Lagi

Sementara itu, untuk mudik gratis menggunakan kereta api, terdapat dua rangkaian perjalanan yang tersedia, yaitu Palembang - Lubuk Linggau (Stasiun Akhir) dan Palembang - Tanjung Karang (Stasiun Akhir).

"Dengan Gerakan Mudik Gratis ini, kami menyediakan layanan ke tujuan dalam Provinsi Sumsel dan juga ke luar Provinsi Sumsel melalui dua moda transportasi, yaitu bus dan kereta api," jelasnya. 

Lanjut Arinarsa menyebutkan bahwa masyarakat akan mendapatkan asuransi selama perjalanan mudik hingga mencapai tujuan akhir.

"Kami bekerja sama dengan Jasa Raharja untuk menyediakan asuransi bagi para pemudik," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: