Mawardi Yahya dan Harnojoyo Maju Pilgub 2024, Begini Respon Partai Gerindra dan Demokrat

Mawardi Yahya dan Harnojoyo Maju Pilgub 2024, Begini Respon Partai Gerindra dan Demokrat

Partai Gerindra dan Demokrat Beri Respon Mawardi Yahya dan Harnojoyo Maju Pilgub 2024 --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya dan mantan Wali Kota Palembang Harnojoyo akan berkomitmen untuk ikut serta dalam Pemilihan Gubernur Sumsel pada November 2024.

Keputusan Mawardi dan Harno telah mendapatkan tanggapan positif dari partai mereka, yaitu Gerindra dan Demokrat.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumsel, Kartika Sandra Desi menyatakan kebahagiaan Partai Gerindra Sumsel atas kebersamaan Mawardi Yahya dan Harnojoyo dalam Pemilihan Gubernur Sumsel mendatang.

"Intinya, kami sebagai kader Gerindra Sumsel senang dengan langkah Pak Mawardi Yahya untuk maju di Pilgub Sumsel," jelas Kartika.

BACA JUGA:Bukan Pecah Kongsi! Ternyata ini Alasan Mawardi Yahya Yakin Gandeng Harnojoyo di Pilgub 2024

Kartika mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan komitmen pribadi Mawardi-Harno yang berdasarkan kecocokan dan kesepakatan beberapa poin untuk melangkah ke tahap selanjutnya, yakni Pilgub.

"Ini belum melibatkan partai apapun dan masih sebatas inisiatif pribadi. Partai Gerindra dan lainnya belum terlibat. Gerindra dan timnya akan memberikan laporan kepada pimpinan mengenai kemungkinan Mawardi dan Harnojoyo bersama di Pilgub Sumsel. Keputusan akhir tetap tergantung pada restu dari ketua umum partai," katanya.

Lanjut Kartika, meskipun masyarakat dan kader partai Gerindra di Sumsel telah mendukung anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra untuk maju dalam Pilgub Sumsel, keputusan akhir tetap berada di tangan Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Sejauh ini, setiap keinginan kader Gerindra Sumsel untuk melibatkan Pak Mawardi telah diungkapkan. Ini merupakan langkah awal beliau, dan sebagai kader Gerindra, kami memiliki langkah-langkah lain setelah komitmen pribadi ini," tuturnya.

BACA JUGA:Sadar Kekuatan, Heri Amalindo Beri Respon Deklarasi Mawardi Yahya dan Harnojoyo di Pilgub Sumsel

Sementara, Mantan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengungkapkan persetujuannya terhadap kemungkinan Mawardi-Harnojoyo maju dalam Pilgub Sumsel, mengingat pengalaman keduanya.

Mawardi pernah menjabat Bupati Ogan Ilir (OI), Ketua DPRD, dan Wakil Gubernur Sumsel, sementara Harnojoyo pernah menjabat Ketua DPRD dan Walikota Palembang.

"Kami siap mendukung keduanya dan setuju untuk memimpin Sumsel ke depan," tegasnya.

Disisi lain, Sekretaris DPD Partai Demokrat Muchendi Mahzareki mengucapkan selamat atas keduanya usai keputusan bersama untuk maju dalam Pilgub Sumsel. Terlebih, Harnojoyo merupakan kader Partai Demokrat.

BACA JUGA:Herman Deru Beri Respon Keputusan Mawardi Yahya Maju Pilkada Sumsel 2024 : Politik Sangat Dinamis!

"Selamat atas deklarasinya. Pasangan yang ideal, saling melengkapi," ungkap Muchendi.

Kendati itu, Muchendi Mahzareki menyebutkan bahwa dukungan Partai Demokrat akan ditentukan oleh DPP dan dia bersedia melaksanakan apapun keputusan yang diambil pihak tersebut.

"Tapi sebagai prajurit di Partai Demokrat, tentu saya patuh. Jadi, saya siap menjalankan segala perintah dan keputusan dari Ketua Umum Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: