Human Trafficking dari Palembang Dibongkar, Modus Masuk Melalui Jalur Laut, Ada Barang Bukti 29 Paspor

Human Trafficking dari Palembang Dibongkar, Modus Masuk Melalui Jalur Laut, Ada Barang Bukti 29 Paspor

Unit PPA Satreskrim Polrestabes Palembang berhasil membongkar sindikat perdagangan orang dengan modus berkerja di negara Singapura atau Malaysia. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sindikat perdagangan orang atau human trafficking dengan modus bekerja di negara Singapura atau Malaysia, berhasil dibongkar Unit PPA Satreskrim Polrestabes Palembang

Polisi mengamankan Beti Maysa (46), warga Perum Villa Azhar, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II pada Selasa 5 Maret 2024 sekitar pukul 03.00 WIB.

Saat diamankan Beti tengah berada di PT Bina Kerja Cemerlang yang berada di salah satu ruko yang ada di kawasan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. 

Pelaku sendiri ditangkap seusai anggota mendapatkan informasi kalau akan ada pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) memakai travel menuju ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Selasa sekitar pukul 04.00 WIB. 

BACA JUGA:IRT Asal Pagaralam Nyaris Jadi Korban Sindikat Perdagangan Orang Internasional, Diamankan Polda Sumsel

Menindaklanjuti hal tersebut, anggota pada saat itu jua langsung saja bergegas ke TKP sebelum keberangkatan PMI tersebut ke bandara. 

Benar saja, pada saat ada di TKP tersebut, didapati empat orang korban yakni Endri Dis Len (33) warga Sanga Desa Kabupaten Muba, Mila (42) warga Desa Sungai Gerong Banyuasin, Rina Susanti (49) dan Junaidah (53) keduanya warga Tanjung Raja, Ogan Ilir yang siap diberangkatkan ke Bandara SMB II. 

Dalam melakukan aksinya tadi, pelaku yang karyawan PT Bina Kerja Cemerlang tersebut memberangkatkan korban ke Malaysia atau Singapura tersebut sebagai wisatawan dan melengkapi dengan paspor. 

Akan tetapi, keempat korban sendiri akan diinapkan dulu di daerah Batam, Dumai maupun Sumatera Utara. Setelah menjalani pelatihan sebagai asisten rumah tangga dengan gaji RM 1.500 atau setara Rp5 juta, para korban ini baru diberikan pasport. 

BACA JUGA:Suami di Ogan Ilir Masih Mencari Istrinya Jadi Korban Perdagangan Orang, Pentolan TPPO Wanita Sudah Ditangkap!

"Ini merupakan kasus human trafficking pertama yang kita ungkap di Sumsel. Yang mana, dari data yang ada setidaknya sudah ada 200 PMI yang diberangkatkan secara ilegal," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono dibincangi oleh awak media, Jumat 8 Maret 2024 petang. 

Modusnya sama, yakni berangkat ke Malaysia atau Singapura sebagai turis ke negara tersebut. Namun sebelum mereka ini berangkat, dipersiapkan terlebih dahulu paspornya. 

"Selama proses pasport siap, mereka diinapkan dulu di Batam, Dumai atau Asahan. Baru setelah itu mereka akan diberikan pasport tersebut untuk masuk ke Malaysia atau Singapura tersebut," terang dia. 

Masih kata Harryo, untuk keberangkatan ke negara tujuan, para korban tersebut terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan para pelaku yang termasuk jaringan dari human trafficking internasioanl tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: