BMKG Sumsel Memprediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Sepekan Kedepan, Selalu Waspada dan Siaga

BMKG Sumsel Memprediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Sepekan Kedepan, Selalu Waspada dan Siaga

BMKG Sumsel meminta masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan lebat disertai angin kencang.-foto:doksumeksco-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) meramalkan ada potensi hujan lebat dan angin kencang satu pekan kedepan di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan.

Seluruh warga Sumatera Selatan pun diminta waspada dan siaga untuk menghindari kejadian bencana akibat dorongan alam tersebut. 

"Berdasarkan model prakiraan cuaca yang terus dimonitor, kami melihat pada pekan ini Sumsel diprediksi adanya potensi hujan pada hampir semua wilayah di Sumsel," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Veronica Sinta Andayani pada Selasa 5 Maret 2024.

Sinta menjelaskan, intensitas hujan diperkirakan bakal bervariasi ringan hingga lebat. Hujan tersebut disertai angin kencang dan petir.

BACA JUGA:BMKG Sumsel Apresiasi Upaya Pemprov, Tangani Karhutla yang Berhasil Tekan Jumlah Titik Panas

"Jadi perlu diwaspadai terhadap akumulasi hujan yang terjadi berhari-hari. Dikarenakan dapat menyebabkan banjir atau genangan lambat surut dan kerentanan tanah untuk longsor. Oleh karena itu waspadai juga daerah atau titik rawan banjir dan genangan, perlancar saluran air dan menjaga kebersihan drainase," jelasnya. 

Lanjut Sinta menuturkan, cuaca yang terjadi belakangan ini karena pengaruh adanya angin kovergensi dan sirkulasi di sekitar Sumsel. 

Juga dinamika atmosfer MJO yang sedang aktif di wilayah Indonesia bagian barat.

"Serta monsun Asia yang masih aktif. Alhasil fenomena ini menyebabkan pertumbuhan awan hujan semakin intensif pada sepekan ini," tuturnya. 

BACA JUGA:Jarak Pandang Masih Normal, BMKG Sumsel Imbau Warga Jangan Bakar Lahan

Sementara Kepala BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana mengatakan sesuai dengan prediksi BMKG Sumsel bahwa masih akan menghadapi musim hujan. 

Kerawanan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan puting beliung juga diprediksi memungkinkan terjadi.

"Mengenai prediksi BMKG tentang kerawanan bencana hidrometeorologi di Sumsel, BPBD Sumsel melakukan persiapan dengan langkah-langkah antisipasi seperti mempersiapkan personel, peralatan dan logistik di kabupaten dan kota di Sumsel yang rawan bencana," katanya. 

Kendati itu, Iqbal menyebutkan bahwa pihaknya juga sudah memberi instruksi ke daerah untuk bersiap siaga dan langkah antisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: