Sederet Fenomena Alam yang Akan Terjadi di Bumi Nusantara Sepanjang Maret 2024, Ada Peristiwa Menakutkan!

Sederet Fenomena Alam yang Akan Terjadi di Bumi Nusantara Sepanjang Maret 2024, Ada Peristiwa Menakutkan!

Sederet Fenomena Alam yang akan terjadi di bumi nusantara sepanjang maret 2024--

BACA JUGA:Fenomena Alam Tanah Terbelah Bikin Heboh, Masyarakat Talang Darat Tetap Waspada

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), elongasi adalah jarak sudut antara pusat piringan bulan dan pusat piringan matahari untuk pengamat di permukaan bumi.

Spesifiknya, pada saat terjadi elongasi timur maksimum, merkurius dan venus terlihat sebagai objek malam yang terbenam di barat setelah matahari. Fenomena ini akan terjadi pada 24 Maret 2024.

4. Gerhana Bulan Penumbra (25 Maret 2024)

Selang sehari setelahnya, akan ada gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan terjadi ketika cahaya matahari terhalang bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

BACA JUGA:Naudzubillah! Tigor Otadan Ramal Indonesia Dilanda Fenomena Alam yang Maha Dahsyat, 15 Provinsi Kekeringan

Gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan, matahari, bumi sejajar sehingga bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Sayangnya, gerhana bulan penumbra pada 25 Maret 2024 nanti hanya terjadi dalam waktu singkat. Dan, hanya Indonesia bagian timur yang dapat menyaksikannya.

Selain di Indonesia, gerhana bulan penumbra kali ini dapat diamati di wilayah Eropa, Asia Utara/Timur, Australia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Atlantik, dan Antartika.

5. Bulan Purnama (25 Maret 2024)

BACA JUGA:SUBHANALLAH! Diprediksi Dua Fenomena Alam Akan Terjadi dalam Satu Malam, Ini Penjelasan Ahli Antariksa

Fenomena langit di bulan Maret 2024 ditutup dengan bulan purnama. Bulan purnama merupakan salah satu dari delapan fase bulan yang menampakkan seluruh permukaan bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: