Ulat Kaki Seribu: FAKTA Dibalik Nama yang 'Menipu'. Jumlah Kakinya Hanya Segini

Ulat Kaki Seribu: FAKTA Dibalik Nama yang 'Menipu'. Jumlah Kakinya Hanya Segini

ulat kaki seribu. Faktanya jumlah kaki ulat ini tidak sampai seribu hanya ratusan --

SUMEKS.COUlat Kaki Seribu. Semua pasti tidak asing lagi dengan hewan kecil berkaki banyak ini. Saking banyaknya Kaki yang dimiliki hewan bernama latin millipede ini orang-orang menjulukinya Ulat Kaki Seribu alias luwing.

Hewan berwarna hitam kecokelatan ini  dijuluki ulat kaki seribu karena memang hewan ini memiliki kaki halus yang sangat banyak. Usut punya usut, ternyata julukan yang melekat pada ulat kaki seribu selama ini menipu alias hoax. 

Faktanya, dari unggahan medsos seorang netizen sengaja memfoto dan menghitung jumlah kaki ulat kaki seribu. Ternyata ulat tersebut hanya memiliki kaki sebanyak 194 kaki bukan seribu seperti yang dipercaya orang selama ini.


ulat kaki seribu. Faktanya jumlah kaki ulat ini tidak sampai seribu hanya ratusan --

Mengutip Thought, ulat kaki seribu diberi nama latin millipede. Mil yang artinya seribu dan ped yang artinya adalah kaki. Jadi, kaki seribu. Meski setelah diteliti lebih lanjut sebenarnya hal tersebut keliru.

Sampai saat ini para ilmuwan sendiri belum menemukan spesies hewan berkaki seribu.

BACA JUGA:Soal Ulat Amerika yang Diklaim Mematikan dan Merenggut 16 Nyawa Anak, Begini Penjelasan Dokter Hewan

Hasil penelitian para ahli dan ilmuan belum menemukan hewan dengan jumlah kaki sebanyak seribu.  Spesies hewan yang memiliki rekor kaki paling banyak hanya memiliki 750 kaki. Jumlah ini jauh dibawah angka kaki seribu seperti yang dikenal selama ini.

Meskipun namanya mengecoh, fakta-fakta tentang hewan ini sangat menarik. Berikut beberapa hal menarik tentang kaki seribu:

1.Punya cara unik untuk melindungi dirinya dari predator. 

2. Saat menetas dari telur ulat kaki seribu hanya memiliki 3 kaki 

Fakta menarik lainnya mengenai kaki seribu adalah, hewan tersebut hanya memiliki 3 pasang kaki saat menetas. Kaki seribu menjalani proses yang disebut perkembangan anamorfik.

BACA JUGA:Berikut 7 Hewan Eksotis nan Lucu Namun Berbahaya Bagi Manusia Selain Ulat Amerika, Cek Disini

3.Setiap kali kaki seribu berganti kulit, ia akan menambahkan lebih banyak segmen tubuh dan kaki. Hingga akhirnya, saat dewasa kaki seribu akan memiliki ratusan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: