Orang Indonesia Doyan Pelihara Tuyul? Mahasiswa Harvard University Rela Datang ke Tanah Air Lakukan Penelitian

Orang Indonesia Doyan Pelihara Tuyul? Mahasiswa Harvard University Rela Datang ke Tanah Air Lakukan Penelitian

Sosok Tuyul sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Pulau Jawa. Karena itulah, peneliti dari Harvard University rela datang ke Indonesia untuk penelitian. --

SUMEKS.CO - Seorang mahasiswa Harvard University, rela datang ke Tanah Air Indonesia, untuk melakukan penelitian terkait Tuyul

Mahasiswa Harvard University yang melakukan penelitian tersebut bernama Clifford Geertz. Dirinya nekat datang ke Indonesia melakukan penelitian. 

Sosok Tuyul di Indonesia, membuat Clifford Geertz penasaran. Karena, makhluk yang diberi nama Tuyul ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. 

Terlebih bagi masyarakat di Pulau Jawa. Sosok hantu jadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sehari-hari. 

BACA JUGA:Merinding! Tuyul Terekam CCTV saat Masuk Rumah

Tuyul dikenal sebagai salah satu hantu anak kecil berkepala gundul, yang suka mencuri uang secara diam-diam dari rumah ke rumah.

Narasi tentang tuyul, telah memaksa Geertz datang ke Indonesia untuk melakukan penelitian antropologi pada tahun 1952 lalu. 

Dikutip dari berbagai sumber, saat melakukan penelitiannya di Indonesia, Geertz mengaku, telah berkenalan dengan sosok Tuyul. 

Geertz pun sukses merinci deskripsi mengenai hantu Tuyul tersebut dalam risetnya. Saat menyatu dalam risetnya, Geertz mendengar berbagai cerita.

BACA JUGA:TERUNGKAP! 7 Ciri-ciri Orang yang Memelihara Tuyul, Nomor 1 dan 4 Sangat Jelas Terlihat

Terutama cerita tentang hantu tersebut. Ada tiga orang di Mojokuto, Kediri, yang memelihara tuyul untuk memupuk kekayaan. 

Adapun tiga orang yang ditemui Geertz sedang memelihara Tuyul adalah tukang jagal, perempuan pedagang tekstil, dan saudagar yang bergelar Haji.

Menurut Geertz, saat perkenalannya dengan ketiga orang pengguna jasa Tuyul ini, ketiganya menjalin kerjasama dengan mendatangi beberapa tempat keramat umat Hindu. 

Adapun tempat keramat umat Hindu tersebut adalah Borobudur di Barat, Penataran di Selatan, Bongkeng di Timur dan makam Sunan Giri di Gresik Utara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: