Detik-detik Menegangkan, PPK Benakat Gelar Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Detik-detik Menegangkan, PPK Benakat Gelar Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

PLENO : Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Benakat mulai melakukan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan Benakat Pemilu 2024.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Benakat, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, memulai proses rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan Benakat untuk Pemilu 2024 pada hari Minggu 18 Februari 2024.

Rekapitulasi ini dilakukan di Kantor Kecamatan Benakat yang terletak di Desa Padang Bindu. Proses rekapitulasi dimulai dengan pembukaan kotak suara dan pencocokan jumlah surat suara dengan daftar hadir pemilih.

Selanjutnya, PPK akan melakukan penghitungan suara untuk setiap partai politik dan calon presiden/wakil presiden. Hasil penghitungan suara kemudian akan direkapitulasi dan dituangkan dalam berita acara.

Dari pengamatan dilapangan, perhitungan rekapitulasi suara dihadiri Ketua PPK Benakat Deskendi dan PPS se-Kecamatan Benakat bersama saksi-saksi Parpol dengan disaksikan Ketua KPU Muara Enim Rohani SH, Ketua Bawaslu Zainudin, Kapolres AKBP Jhoni Eka Putra, Dandim 0404 Letkol Inf Nugraha, Kabag Ops Kompol Toni Arman, Kasat Lantas AKP Suwandi, Camat Benakat Hasbulah dan pihak terkait. Sampai berita ini diturunkan, masih perhitungan rekapitulasi surat suara DPR RI.

BACA JUGA:Lokasi Pleno di Muratara Dikawal Ketat, Kapolda Sumsel Ikut Pantau, Minta Warga Tidak Turun ke Jalan Lagi

Ketua KPU Muara Enim Rohani SH, mengatakan bahwa untuk perhitungan rekapitulasi surat suara ditingkat kecamatan dimulai dari tanggal 18 Februari hingga tanggal 23 Februari 2024. 

Untuk itu, lanjutnya, dirinya menekankan agar penyelenggara khususnya Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) untuk senantiasa menjaga integritas selaku penyelenggara.

"Apapun yang terjadi, kita tetap berpegang teguh pada Petunjuk Teknis (Juknis), dalam hal ini kita tidak berpegang pada apa yang ada di C1 salinan. Tapi berpegang teguh pada C hasil pleno," tegasnya.

Sejauh ini, lanjut Rohani dari pantauan kondisi tahapan Pemilu di Kabupaten Muara Enim hingga saat ini di setiap tahapnya berjalan dengan aman dan kondusif.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: