Hari Lahan Basah Sedunia, PT Bukit Asam Ikut Aksi Tanam Mangrove

Hari Lahan Basah Sedunia, PT Bukit Asam Ikut Aksi Tanam Mangrove

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia (World Wetlands Day) yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2024.--

SUMEKS.CO - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan kegiatan penanaman serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia (World Wetlands Day) yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lahan basah.

Kawasan Ekowisata Mangrove Cuku Nyinyi di Desa Sidodadi, Lampung, menjadi salah satu lokasi penanaman serentak dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia. Desa Sidodadi sendiri merupakan desa binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan.

Inspektur Jenderal KLHK Laksmi Wijayanti, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan Hengki Burmana, dan perwakilan dari berbagai instansi serta pemangku kepentingan hadir dalam acara penanaman mangrove di Desa Sidodadi, Rabu7 Februari 2024.

BACA JUGA:Paslon 02 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka Ungguli Perolehan Suara di Beberapa TPS

Inspektur Jenderal KLHK Laksmi Wijayanti menjelaskan, penanaman mangrove bertujuan untuk meningkatkan fungsi ekologis hutan mangrove sebagai sumber keanekaragaman biota akuatik dan nonakuatik. 

Mangrove memiliki manfaat yang luar biasa dan perlu dilestarikan. Di antaranya yakni mencegah abrasi, mengurangi pemanasan global, serta menjaga sistem penyangga kehidupan.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kepada seluruh pihak yang mendukung penanaman pohon serentak ini. Mari kita bersama-sama berkolaborasi dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata Laksmi.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Hengki Burmana menyampaikan, partisipasi dalam aksi penanaman 30.000 bibit mangrove di tahun ini sejalan dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

BACA JUGA: Enzo Fernandez Yakin Chelsea Bisa Raih Dua Gelar Musim Ini

"Hutan mangrove memiliki peranan sangat penting bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Dukungan dalam penanaman mangrove merupakan wujud komitmen kami untuk turut menjaga lingkungan. Selaras dengan peta jalan dekarbonisasi hingga 2050 yang telah dimiliki Perusahaan," kata Hengki. 

Tak hanya bermanfaat untuk kelestarian lingkungan, penanaman mangrove juga dapat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat sekitar melalui pengembangan kawasan ekowisata. 

Sebanyak 20.000 bibit mangrove telah ditanam PTBA di Desa Sidodadi. Hingga akhir tahun ini, ditargetkan penanaman 50.000 bibit mangrove di areal seluas 10 hektare (ha).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: