BMKG Memprakirakan 55 Persen ZOM Memasuki Musim Penghujan, Sumsel Berpotensi Hujan Sedang - Lebat

BMKG Memprakirakan 55 Persen ZOM Memasuki Musim Penghujan, Sumsel Berpotensi Hujan Sedang - Lebat

BMKG Memprakirakan 55 Persen ZOM Memasuki Musim Penghujan--dok:Sumeks.co

Aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di sebagian besar wilayah Sumatra bagian utara dan Kalimantan bagian utara dalam sepekan ke depan.

Sementara itu gelombang atmosfer Kelvin diprediksi tidak aktif di Indonesia dalam sepekan ke depan.

Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Jepang Diguncang Gempa 7,4 Magnitudo Memicu Tsunami, BMKG: Indonesia Aman!

Sirkulasi siklonik lain terpantau di Australia bagian Utara, diperairan barat Aceh dan diprakirakan masih akan bertahan hingga 3 hari kedepan, dan akan terbentuk sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Bengkulu dalam sepekan kedepan. 

Daerah konvergens ilainnya terpantau memanjang dipesisir barat Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, Papua bagian tengah.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah:

Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Kep.Riau, Kep.Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta.

BACA JUGA:BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Sumsel, Berlangsung hingga Besok

Lalu, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua Pegunungan, Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

Peringatan BMKG Terhadap Masyarakat 

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (putting beliung, hujan lebat di sertai kilat/petir, hujanes,dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: