Bawaslu Muara Enim Tegas Ingatkan Caleg-Parpol Patuhi Aturan Masa Tenang

Bawaslu Muara Enim Tegas Ingatkan Caleg-Parpol Patuhi Aturan Masa Tenang

Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin SP MSi.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim dengan tegas mengingatkan para Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk tidak melakukan kampanye di masa tenang, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Hal ini juga berlaku untuk praktik money politik.

Masa tenang merupakan periode penting dalam Pemilu di mana para caleg tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pemilih untuk merenungkan pilihan mereka tanpa terpengaruh oleh propaganda politik.

Penegasakan itu disampaikan Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin SP MSi usai melaksanakan apel siaga pengawasan Pemilu di Kabupaten Muara Enim tahun 2024 di halaman kantor Bupati Muara Enim, Sabtu 10 Fabruari 2024.

BACA JUGA:22 Armada Meluncur! Distribusikan Logistik Pemilu dari KPU ke 4 Kecamatan di Kabupaten OKI

Dirinya mengimbau, para Caleg dan Partai Politik untuk melepas APK secara mandiri. Selain itu pihaknya akan melakukan patroli selama masa tenang ke seluruh penjuru wilayah Kabupaten Muara Enim.

 

Pemasangan APK terbanyak, kata dia, ada di Kecamatan Muara Enim, Lawang Kidul hingga Gelumbang. Untuk itu masyarakat diperbolehkan ikut melepas APK setelah benar-benar memasuki masa tenang.

 

"Artinya itu sesuai dengan tagline kami, bersama rakyat awasi Pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu, berarti masyarakat sudah memahami bahwa masa tenang tidak ada lagi APK yang terpasang," katanya.

 

Lanjutnya, nanti malam tepatnya pukul  23.59 WIB akan diadakan pelepasan APK secara simbolis, seluruhnya diharapkan bisa mengawasi secara ketat setiap tahapan Pemilu, jangan sampai terjadi money politik. "Jangan sampai ada celah bagi sesorang untuk mempengaruhi dengan money politik, memaksa untuk memilih salah satu Calon atau Pasangan itu ada pidananya," tegasnya.(ozi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: