Jelang Pemilu, 2.178 Satlinmas se-OKU Timur Ikuti Bimtek

Jelang Pemilu, 2.178 Satlinmas se-OKU Timur Ikuti Bimtek

Jelang Pemilu 2024, Sebanyak 2.178 anggota Satlinmas di OKU Timur mengikuti bimbingan teknis (bimtek), Rabu 7 Februari 2024. --

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Jelang Pemilu 2024, Sebanyak 2.178 anggota Satlinmas di OKU Timur mengikuti bimbingan teknis (bimtek), Rabu 7 Februari 2024. 

Bimtek tersebut untuk peningkatan kapasitas anggota Satlinmas dalam persiapan menghadapi Pemilu 2024

Kegiatan yang berlansung di Aula SMA Negeri 1 Belitang, Rabu 7 Februari 2024 tersebut dibuka lansung Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT.

Menurut Bupati Enos, sapaan Ir H Lanosin MT, perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

BACA JUGA:6 Alasan Mengapa Harus Nonton Tokyo Revenger, Alur Cerita Plot Twist!

"Maka Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024 ini," kata Enos, Rabu 7 Februari 2024.

Dikatakannya, dalam Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan penyelenggaraan pemilu, Satlinmas memiliki tanggung jawab besar. 

Yakni menjaga keamanan termasuk di tempat pemungutan suara (TPS) dan pengawalan logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

Bupati Enos juga mengatakan bahwa kerjasama erat dengan koordinator dari TNI dan Polri akan menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan pemilu yang aman dan kondusif.

BACA JUGA:2,3 Ton Sabu Disita Satgas Narkoba Bentukan Kapolri, Barang Bukti Polda Sumsel Paling Menonjol

"Maka menurut saya, Bimtek ini sangat penting untuk memberi pemahaman tupoksi Satlinmas, menjaga netralitas serta menjaga kesehatan selama bertugas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs Vikron, MM menyampaikan bahwa maksud dan tujuan bimtek adalah dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat, serta perlindungan masyarakat di Kabupaten OKU Timur.

"Ini upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab," kata Vikron.

 Vikron juga menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada 7 dan 8 Februari 2024, yang terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona 1 Belitang, zona 2 Semendawai Barat, dan zona 3 Martapura serta Pembukaan dilangsungkan di Aula SMA Negeri 1 Belitang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: