Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kinerja Otak Menurun, Hindari Mulai Sekarang

Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Kinerja Otak Menurun, Hindari Mulai Sekarang

Paparan sinar teknologi menjadi salah satu faktor menurunya kinerja otak seseorang-ilustrasi-

SUMEKS.CO – Ada satu kebiasaan yang jika dilakukan berulang malah bisa merusak kesehatan otak seseorang meski masuk sebagai hal yang kecil tetapi bisa sangat mempengaruhi kesehatan.

Ini karena otak adalah adalah salah satu bagian kehidupan dan kompleksitas yang bisa mengendalikan ingatan, perasaan, dan pikiran seseorang.

Otak menggunakan jaringan neuronnya yang dinilai sangat kompleks sehingga bisa mengendalikan semua gerakan.

Otak juga menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang banyak rusak karena melakukan kebiasaan yang tanpa disadari membahayakan organ yang tak ternilai harganya ini dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:5 Nutrisi Penting untuk Jaga Kesehatan Tulang, Bisa Bikin Badan Bugar dan Kuat Sampai Tua

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa merusak otak bahkan diantaranya adalah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

1. Kurang tidur

Banyak yang sering mengabaikan tentang pentingnya tidur dalam kehidupan karena banyak yang lebih memilih begadang untuk berbagai hal penting dan mengesampingkan tidur.

Namun perlu diketahui menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health, kurang tidur ternyata bisa mengganggu kemampuan kognitif otak, memengaruhi memori, penalaran, dan juga keterampilan dalam memecahkan masalah.

BACA JUGA:Lagi Musim Durian! Jangan Coba-coba Makan Bareng Ini Kalau Tidak Ingin Mati Mendadak, Nomor 2 Jadi Kebiasaan

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat sistem kerja otak menjadi lebih baik adalah dengan tidur satu jam lebih awal, tidak mengonsumsi alkohol dan kafein satu jam sebelum tidur, dan mengurangi paparan cahaya biru yang berasal dari gadget atau computer.

Semuanya ini dinilai dapat bertindak sebagai penghalang pelindung, menjamin pembaharuan dan perbaikan pada otak terutama di malam hari.

2. Paparan layar teknologi

Selain itu paparan layar teknologi juga bisa menjadi salah satu kebiasaan yang akan menyebabkan menurunnya kinerja otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: