9 Penyebab Orang Mudah Marah dan Emosi, Salah Satunya Karena Lapar, Masa Sih?

9 Penyebab Orang Mudah Marah dan Emosi, Salah Satunya Karena Lapar, Masa Sih?

Menurut penelitian, lapar menjadi salah satu penyebab seseorang mudah marah dan emosi--

SUMEKS.CO - Penyebab seseorang mudah marah dan emosi, saat menghadapi urusan sepeleh yang seharusnya tak penting untuk dipermasalahkan.

Banyak penyebab yang membuat seseorang mudah marah dan emosi. Bahkan, tanpa disadari terkadang karena hal remeh bisa menyebabkan orang marah dan emosi.  

Marah dan emosi merupakan hal biasa dan suatu yang wajar. Namun, ada diantaranya orang terlalu mudah marah dan emosi tanpa tahu apa sebab dan akibatnya.

Menurut penelitian dokter, hal ini merupakan suatu fenomena yang tidak wajar dialami oleh seseorang. Karena, jika terlalu mudah marah dan emosi menandakan ada yang salah pada kesehatan mental orang tersebut.

BACA JUGA:5 Amalan yang Bikin Redam Amarah Saat Ditimpa Masalah Besar, Mampu Sejukkan Hati dan Tenangkan Pikiran

Namun, dilansir dari berbagai sumber ada juga penyebab seseorang mudah marah dan emosi. Lantas apa saja penyebabnya? Berikut ulasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Lapar

Salah satu penelitan menyatakan adanya kaitan antara marah dan rasa lapar. Hal ini berhubungan dengan kadar gula menurun saat tidak makan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Salah satu efek dari kadar gula yang menurun adalah dirangsangnya produksi hormon adrenalin. Hormon inilah yang kemudian bertanggung jawab terhadap perubahan emosi yang jadi lebih sensitif, hilangnya kontrol diri, hingga jadi lebih mudah marah.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Lima Hal Sederhana yang Buat Allah Marah, Nomor Lima Sering Dilakukan

2. Stres

Stres bisa membuat seseorang mudah marah. Pasalnya, saat orang merasa terancam bisa berujung stres. Hal ini bisa berdampak buruk dan menyebabkan seseorang mudah marah dan emosi yang tak terkendali.

3. Depresi

Mudah marah menjadi salah satu gejala depresi. Orang yang mengalami depresi bisa mengungkapkan amarahnya secara terang-terangan atau justru memendamnya sampai menjadi bom yang siap meledak sewaktu-waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: