Packing Logistik Pemilu 2024 Segera Didistribusikan, 259 TPS di Muratara Berpotensi Pindah Dampak Banjir

Packing Logistik Pemilu 2024 Segera Didistribusikan, 259 TPS di Muratara Berpotensi Pindah Dampak Banjir

Saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Muratara lakukan packing logistik terakhir, untuk persiapan distribusi ke lokasi TPS. Foto: Zul/sumeks.co--

MURATARA, SUMEKS.CO - Setidaknya didapati 259 Tempat Pemumutan Suara (TPS) di Kabupaten MURATARA berpotensi pindah lokasi akibat dampak bencana banjir. 

Padahal saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Muratara lakukan packing logistik terakhir, untuk persiapan distribusi ke lokasi TPS. 

Ketua Komisioner KPUD Muratara, Heriyanto melalui kasubag Teknis penyelenggaraan Pemilu dan partisipasi masyarakat, Busairi saat dikonfirmasi Senin 29 Januari 2024, mengungkapkan, jika saat ini pihaknya masih melakukan packing logistik surat suara tahap akhir.

"Rencananya rampung dalam 3 hari, dan langsung akan didistribusikan ke TPS di 7 Kecamatan. Seperti di Kecamatan Rupit, Karang Dapo, Karang Jaya, Rawas Ilir, Rawas Ulu, Ulu Rawas, Nibung," katanya.

BACA JUGA:KPU OKI Kejar Target Penyelesaian Checking dan Packing Logistik Surat Suara Pemilu 2024

Pihaknya mengaku, ada sejumlah lokasi TPS yang sulit dijangkau dengan perjalanan darat. 

Seperti di TPS Senawar, Karang Pinggan, Sungai Jambu, Minak, Translok Pauh, KNPI Muara Tiku, Talang Unggar, Singai Cinau. 

"Itu tidak bisa pakai jalan darat dan mesti pakai perahu, kami juga sudah melakukan persiapan untuk transportasi mengangkut logistik seperti perahu," bebernya.

Busairi juga menjelaskan, mengingat Januari-Febuari 2024, masih terjadi hujan dengan itensitas yang terus meningkat. 

BACA JUGA:Pemilu 2024, KPU OKI Percepat Proses Checking dan Packing Logistik Surat Suara DPR RI

Secara otomatis, menimbulkan potensi sejumlah gangguan bencana, mulai banjir, longsor dan lainnya.

Untuk mengantisipasi ini, KPUD Muratara sudah mendata ada 259 TPS yang berpotensi terendam banjir dan diperlukan tindakan serius. Mengingat tidak dimungkinkan melakukan pemilihan di lokasi yang terendam banjir.

"Kami sudah menyiapkan langkah langkah untuk antisipasi, seperti opsi pemindahan lokasi pemilihan ke daerah yang lebih aman. Daerah yang lebih safety dari bencana alam seperti banjir," jelasnya. 

Pihaknya berharap semua tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 berjalan tanpa hambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: