Dikawal Brimob Bersenjata Lengkap, Tersangka Korupsi KPK RI Sarimuda: Doakan Saja!

Dikawal Brimob Bersenjata Lengkap, Tersangka Korupsi KPK RI Sarimuda: Doakan Saja!

Tersangka Sarimuda saat tiba di Pengadilan Tipikor Palembang, Senin, 29 Januari 2024.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Diagendakan pagi ini, mantan calon walikota Palembang Ir H Sarimuda MT, bakal menghadapi sidang perdana kasus dugaan korupsi di Pengadilan Tipikor Palembang, Senin 29 Januari 2024.

Ir H Sarimuda MT, sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK dalam kasus pengangkutan transportasi batubara BUMD PT Sriwijaya Mandiri Sumsel (SMS) diduga senilai Rp18 miliar.

Dari pantauan menjelang sidang, tampak tersangka Sarimuda telah hadir di gedung PN Palembang untuk agenda sidang perdana pembacaan dakwaan olah jaksa KPK RI.

Menjelang sidang perdana ini, tampak juga tersangka Sarimuda dikawal ketat anggota korps Brimob Polda Sumsel bersenjata lengkap.

BACA JUGA:Berkas Fisik ke PN, Sarimuda Diam-Diam Diserahkan KPK ke Rutan Pakjo Palembang, Pengacara Respon Begini

Sementara itu, dari pantauan dalam ruang sidang utama PN Palembang telah hadir beberapa jaksa KPK RI serta pengunjung sidang.

Selain itu, sidang dugaan korupsi yang menjerat Sarimuda ini sendiri juga dipantau langsung petugas Rekam Sidang (Reaksi) dari mahasiswa fakultas hukum dari Universitas Sriwijaya.

Untuk persidangan sendiri, diagendakan bakal dipimpin majelis hakim ketua Pitriadi SH MH dibantu dua hakim anggota Masriati SH MH dan Khoiri SH.

Sementara itu, saat diwawancarai saat menuju ruang sidang mengenai kesiapannya, tersangka Sarimuda dengan menggunakan kemeja putih meminta doa saja.

BACA JUGA:Berkas Fisik Tersangka Sarimuda Dilimpahkan KPK ke PN Palembang, Pekan Depan Siap Gelar Sidang Perdana

"Doakan saja saja," singkat Sarimuda.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tersangka Sarimuda dilakukan penahanan karena diduga "Tilep" uang yang dibayarkan para vendor atas jasa pengangkutan batubara selama dirinya menjadi Dirut PT SMS.

PT SMS yang merupakan BUMD Sumsel ini, mendapatkan pembayaran dengan hitungan metrik ton dari sejumlah kontrak kerjasama dengan pemilik batubara.

Selain itu, masih dalam siaran persnya PT SMS Perseroda juga melakukan kerjasama dengan beberapa vendor untuk menyediakan jasa pendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: