Masih Banyak yang Salah, Nasi Putih Beku Lebih Aman untuk Penderita Diabetes?

  Masih Banyak yang Salah, Nasi Putih Beku Lebih Aman untuk Penderita Diabetes?

Nasi menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia.--net

BACA JUGA:6 Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Nasi Goreng yang Seimbang

Nah itu beberapa alternatif yang bisa dikonsumsi pengganti nasi putih yang lebih aman secara angka Gi nya. 

Kenapa sih nasi putih selalu disalahkan atau dijadikan standar karbo yang harus banget dihindari, namun justru paling banyak diminati.

Nasi putih dibandingkan dengan beras yang lain, memiliki tekstur yang pulen lembut dan rasa yang lebih manis. 

Sedangkan beberapa beras lainya terasa lebih kesat kasar dan rasa yang plain bahkan cenderung tidak nyaman. Itulah kenapa banyak penderita diabetes yang masih merindukan konsumsi nasi putih yang pulen.

BACA JUGA:5 Manfaat Konsusi Nasi Putih Dingin Secara Rutin

Tapi, jangan buru-buru ngasingin nasi putih, Sobat Diabetes! Penelitian terbaru bilang ada trik jitu buat bikin dia jadi lebih jinak. Ternyata, dengan mendinginkan nasi sebentar aja, GI-nya bisa turun lho!

Yup, gak salah baca kok. Cukup simpan nasi di kulkas (sekitar 4°C) aja selama semalam, GI-nya bisa melorot lumayan rendah. Kenapa begitu? 

Soalnya, selama dingin-dingin, struktur nasi di dalam berubah, jadi lebih susah dicerna sama usus. Alhasil, gula darah nggak naik secepat konsumsi nasi putih yang biasanya.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nutrition and Diabetes pada tahun 2022 menemukan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi nasi beku mengalami lonjakan gula darah yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi nasi segar.

BACA JUGA:Manfaat Konsumsi Nasi Merah untuk Menurunkan Kolesterol

Studi lain yang diterbitkan di jurnal Food & Function pada tahun 2015 juga menemukan hasil yang serupa. Studi ini menemukan bahwa nasi beku dapat meningkatkan kadar pati resisten hingga 10%.

Namun, penting untuk dicatat bahwa nasi beku tidak dapat menggantikan pengobatan diabetes. Penderita diabetes tetap harus mengikuti saran dokter dan mengonsumsi obat-obatan sesuai resep.

Buat penderita Diabetes yang suka bingung ngontrol nasi, tenang aja. Penelitian bilang trik ngedinginin ini ampuh buat nasi merah dan nasi putih kok. 

Jadi, bisa pilih sesuai selera. Ingat, makan nasi secukupnya, dinginkan sisa nasi, dan diabetes nggak bakal jadi momok lagi deh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: