Makna Tersimpan dari Surat Pendek Al-Ashr, Nasihat dari Allah Agar Manusia Tidak Rugi Dunia Akhirat

Makna Tersimpan dari Surat Pendek Al-Ashr, Nasihat dari Allah Agar Manusia Tidak Rugi Dunia Akhirat

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Surat Al-Ashr merupakan salah satu surat pendek yang berisi 3 ayat, surat ini adalah penyemangat dan nasihat dari Allah agar manusia tidak rugi di dunia dan akhirat

Surat Al-Ashr rupanya tidak hanya membahas soal waktu yang penting dimanfaatkan oleh manusia dengan sebaik-sebaiknya selama hidup di dunia. 

Terdapat makna yang tersimpan dalam surah Al-Ashr sendiri, surat ini merupakan surat ke-103 dan tergolong surat Makkiyah.

Surat Al-Ashr turun ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam belum melaksanakan hijrah yang menjadi peristiwa besar dalam sejarah Islam

BACA JUGA: Fadhilah Surah An-Nasr, Surat dengan Tiga Ayat yang Nilainya Seperti Membaca Seperempat Al-Quran

Surat Al-Ashr diturunkan oleh Allah SWT karena melihat kebiasaan masyarakat Arab yang suka membuang waktu dengan mengobrol yang tidak perlu. 

Masyarakat jahiliyah Arab juga tidak jarang menimbulkan permusuhan maupun pertikaian dari kebiasaan tersebut.

Sebagian dari masyarakat Arab justru banyak yang mengutuk waktu Ashar karena waktu ashar merupakan waktu yang celaka dan banyak bahaya. 

Melihat hal ini, Allah SWT kemudian menurunkan surah Al-Ashr yang menjelaskan mengenai kerugian manusia yang menyia-nyiakan waktu ashar. 

BACA JUGA:Ternyata Surat Al-Fatihah yang Selalu Dibaca dalam Shalat Mengajarkan 3 Inti Agama Islam, Segera Amalkan Agar

Surat Al-Ashr berisi tiga ayat yang artinya, 

“Demi Masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Surat Al-Ashr menerangkan mengenai beberapa hal, diantaranya ialah :

1. Orang-Orang Beriman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: