Pj Wako Palembang Imbau Masyarakat Laporkan Data Kependudukan Terbaru, Ini Tujuannya

Pj Wako Palembang Imbau Masyarakat Laporkan Data Kependudukan Terbaru, Ini Tujuannya

Pj Wali Kota Palembang, H Ratu Dewa membagikan sembako arahan Presiden RI dan mengimbau masyarakat untuk melaporkan data kependudukan terbaru. Foto: Naba/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pj Wali Kota Palembang, H Ratu Dewa mengimbau masyarakat untuk melaporkan data kependudukan terbaru

Laporan data kependudukan terbaru itu diserahkan warga setiap menyerahan bantuan paket Sembako. Ini merupakan arahan Presiden RI sebagai upaya pengendalian inflasi dan mengurangi angka kemiskinan ekstrem di berbagai Kecamatan. 

Kali ini, Ratu Dewa mengungkapkan imbauan tersebut di Kantor Camat Sukarami Kota Palembang pada Senin 15 Januari 2024.

"Data kependudukan tersebut berupa misalnya ada perubahan atau pembaruan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK). Seperti pindah alamat, adanya anggota keluarga yang belum terdaftar di KK, dan sebagainya," ungkapnya saat menyampaikan kata sambutan. 

BACA JUGA:Jangan Main-Main, Pemalsuan Data Kependudukan Mengakibatkan Masalah di Masa Depan

Ratu Dewa menjelaskan, tujuan dari melaporkan data kependudukan terbaru ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Lurah ataupun Camat sebagai validasi data. 

"Ini penting dilakukan karena untuk validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," jelasnya. 

Diketahui, DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). 

"Melaporkan data kependudukan terbaru ini penting dilakukan. Karena ini untuk agar data bapak ibu sekalian tercatat validasinya sehingga terdata untuk menerima bantuan, termasuk bantuan sembako arahan Presiden ini," tuturnya. 

BACA JUGA:25 Mei, Migrasi Data Kependudukan dari Server Daerah ke Pusat

Selain itu juga, Ratu Dewa menyebutkan melaporkan data kependudukan terbaru juga sebagai upaya pencegahan stunting. 

"Jadi misal ada bayi di keluarga yang belum terdata juga cepat dibuatkan KK-nya, agar kita bisa bantu cegah stunting anak cucunya bapak ibu sekalian," tukasnya. 

Diketahui, Ratu Dewa membagikan 100 paket sembako arahan Presiden RI sebagai upaya pengendalian inflasi dan mengurangi angka kemiskinan ekstrim di Kantor Camat Sukarami Kota Palembang pada hari ini, Senin 15 Januari 2024.

Pembagian sembako tersebut bertujuan untuk pengendalian inflasi di Kota Palembang. Sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: