Operasi Mantap Brata Musi 2024 Berlanjut, Deteksi Setiap Potensi Gangguan Keamanan Jelang Pemilu 2024

Operasi Mantap Brata Musi 2024 Berlanjut, Deteksi Setiap Potensi Gangguan Keamanan Jelang Pemilu 2024

Operasi Mantap Brata tentang pengamanan Pemilu yang berlanjut pada tahun 2024. Foto: dokumen/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo memimpin Gelar Operasional bersama Polres jajaran, Jumat, 12 Januari 2024.

Dengan mengusung tema Polda Sumsel siap mengamankan tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 tersebut diikuti unsur pimpinan Polda dan Kapolres jajaran.

Kapolda mengawali evaluasinya terkait dua Operasi yang dilakukan pada akhir 2023 yakni Operasi Mantap Brata Musi tentang pengamanan Pemilu yang berlanjut pada tahun 2024, dan Operasi Lilin 2023 tentang pengaman Natal 2023 dan tahun baru 2024 lalu.

Dia mengatakan, pengamanan Pemilu 2024 yang sudah dimulai sejak tahun sebelumnya, nilainya berjalan dengan baik. 

BACA JUGA:Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Ogan Komering Ilir Dipastikan Selesai Tepat Waktu

Namun dirinya mengingatkan jajarannya, dengan semakin dekatnya kampanye terbuka dan waktu pemungutan suara, maka pengamanan perlu ditingkatkan dari semua lini dan aspek termasuk koordinasi dengan stakeholder.

“Pengamanan pada tahun 2023 saya nilai berjalan dengan baik, ke depan tantangannya akan semakin komplek. Sebentar lagi akan masuk jadwal kampanye terbuka, artinya potensi gangguan kamtibmas juga meningkat," kata Kapolda. 

"Oleh karenanya saya ingatkan seluruh jajaran, gerak, deteksi dan kenali seluruh potensi gangguan untuk dilakukan antisipasinya, mengawal tahapan ini agar berjalan dengan aman,” ujar dia.

Terkait pendistribusian logistik Pemilu, alumni Akpol 1993 tersebut memberikan atensi pengawalan dan mengamanannya untuk memastikan seluruh logistik pemilu dalam kondisi aman.

BACA JUGA:Ratusan Personel Polda Sumsel Siap Amankan Tahapan Kampanye Tertutup Pemilu 2024

“Lakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu dalam hal ini komisi pemilihan umum, berikan pengawalan dan pengamanan pendistribusian logistik pemilu, pastikan keamanannya,” tegasnya.

Hadir pada kegiatan gelar operasional tersebut, Wakapolda Sumsel, Irwasda Polda Sumsel, para pejabat utama Polda Sumsel, para Kapolres/Tabes di jajaran Polda Sumsel serta diikuti secara zooom meeting oleh polres jajaran.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: