Apa Manfaat Finger Food serta 7 Rekomendasi Menu Terbaik untuk Bayi, Aman dan Sehat?

Apa Manfaat Finger Food serta 7 Rekomendasi Menu Terbaik untuk Bayi, Aman dan Sehat?

Finger food merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan anak dengan berbagai jenis makanan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.COFinger food merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih bayi dapat memegang dan merasakan tekstur dari makanan kemudian langsung di masukkan ke dalam mulutnya. 

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, bayi akan mulai diperkenalkan dengan berbagai makanan pendamping ASI (MPASI). Finger food merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan anak dengan berbagai jenis makanan.

Secara umum ketika bayi sudah mulai belajar untuk duduk, bayi akan menunjukkan tentang ketertarikannya dengan banyak hal, termasuk pada makanan.

Nah di saat inilah orang tua biasanya akan mulai memberikan menu finger food untuk bayi. Meskipun proses finger food ini akan berantakan dan belepotan namun proses finger food memiliki banyak manfaat untuk sang bayi.

BACA JUGA: 5 Tips Melatih Anak agar Cepat Berjalan Sendiri, Orang Tua Wajib Tahu!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat memberikan dan mengajarkan anak finger food, yaitu:

  • Bayi akan belajar menggenggam makanan nya sendiri kemudian belajar memasukkannya ke dalam mulut. Kegiatan inilah yang akan membantu untuk mengasah perkembangan saraf motorik dari sang bayi.
  • Ketika bayi berusaha untuk mengunyah dan menggigit makanan finger food, kegiatan ini akan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.
  • Memberikan berbagai jenis finger food sebagai rangsangan untuk indera pengecap bayi sehingga bayi dapat mengenak berbagai rasa yang akan berpengaruh terhadap selera makan dari bayi.
  • Finger food juga bermanfaat untuk melatih kemandirian bayi sejak dini karena telah belajar makan sendiri.

Jika orang tua ingin memberikan dan mengenalkan finger food kepada sang bayi harus selalu memperhatikan asupan gizinya ya. Usahakan untuk selalu mevariasikan jenis-jenis makanan finger food.

Selain itu memberikan finger food juga harus memperhatikan makanannya, orang tua harus memastikan bahwa makanan untuk finger food mudah dipegang oleh tangan bayi.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Inilah 8 Manfaat Membiarkan Anak Bermain dan Mandi Air Hujan

Jadi, tidak semua makanan bisa dijadikan sebagai menu finger food untuk bayi. Dilansir dari halodoc.com, berikut berbagai macam jenis makanan yang bisa dijadikan finger food bayi, Yaitu:

1. Sayuran yang di kukus

Ketika orang tua memutuskan untuk mengenalkan finger food pada anak, salah satu jenis makanan yang bisa dipilih ialah dengan memberikan sayuran yang di kukus pada bayi.

Sayuran yang bisa dipilih antara lain ialah, wortel, kentang, dan juga brokoli, sayuran ini bisa di kukus ataupun di rebus dahulu sampai mendapatkan tekstur yang lembut namun tetap bisa digenggam bayi jangan sampai terlalu lembek.

BACA JUGA:RS Siloam Sriwijaya Hadirkan Layanan Tumbuh Kembang Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: