Masih Mau Ngemil di Malam Hari? Hati-Hati Ini Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Masih Mau Ngemil di Malam Hari? Hati-Hati Ini Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Dampak buruk ngemil di malam hari untuk kesehatan tubuh-ilustrasi-

SUMEKS.CO - Rasa lapar di malam hari seringkali datang apalagi menjelang waktu tengah malam yang membuat seseorang mengganjel perut dengan ngemil.

Ngemil malam mungkin dapat menghilangkan rasa lapar tapi tahukah ternyata kegiatan ini bisa menimbulkan dampak negatif untuk tubuh bahkan ke kesehatan.

Ini karena aktivitas makan di malam hari ini kebanyakan dilakukan sebelum tidur yang justru berbahaya terutama untuk kesehatan. 

Ditambah lagi yang dicemili adalah makanan yang tergolong tidak sehat, tinggi kalori, gula atau tidak bergizi.

BACA JUGA:Ayok Diet! 6 Olahraga Ringan Ampuh membakar Lemak Usai Pesta Malam Tahun Baru!

Lantas apakah yang akan terjadi ketika punya kebiasaan mengonsumsi makanan ringan di larut malam, mungkin jika sesekali tidak akan menjadi masalah. 

Namun, ternyata terdapat beberapa efek buruk jika seseorang sering ngemil di malam hari salah satunya memicu obesitas dan juga gangguan pada hormon, berikut dampak lainnya.

1. Resiko diabetes

Dikutip dari berbagai sumber, studi yang dilakukan oleh Perelman School of Medicine dari University of Pennsylvania menjelaskan tentang kebiasaan ngemil di malam hari bisa meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.

BACA JUGA:Bingung Pilih Menu untuk Diet, Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk 30 Hari Full

Selain itu ngemil di malam sebelum tidur juga dapat menumpuk lemak di tubuh, khususnya bagian perut sehingga menyebabkan badan semakin melebar.

Lemak yang ada di perut tentu sangat berbahaya karena berhubungan dengan resistensi insulin yang juga nantinya akan mengganggu metabolisme gula, akhirnya muncullah penyakit diabetes mellitus atau dikenal dengan gula darah.

2. Gangguan tidur dan fungsi otak

Ngemil di malam hari sebelum tidur bisa membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: