Benarkah Sering Mengkonsumsi Telur Bisa Menyebabkan Bisul? Yuk Cek Faktanya Disini

Benarkah Sering Mengkonsumsi Telur Bisa Menyebabkan Bisul? Yuk Cek Faktanya Disini

Telur salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Sepertinya sudah sering mendengar bahwa sebagian orang mengganggap jika mengkonsumsi telur terlalu banyak bisa menyebabkan bisul.

Anggapan inilah yang menyebabkan kebanyakan orang enggan mengkonsumsi banyak telur, padahal telur adalah salah satu sumber protein dan kalori yang baik bagi tubuh.

Mengkonsumsi telur akan membuat tubuh mendapatkan berbagai nutrisi yang baik contohnya, vitamin A, vitamin B, Vitamin D, Vitamin E, folat, asam lemak omega-3, fospor serta selenium.

Selain itu telur juga mengandung lutein, zat besi, zinc serta kalsium. Lalu dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh ini, mengapa ada anggapan bahwa telur menyebabkan bisul?

BACA JUGA: Mitos atau Fakta, Mengkonsumsi Lebih dari 1 Telur Sehari Bisa Menaikkan Kadar Kolesterol? Ini Penjelasannya

Dibalik banyaknya manfaat yang akan didapatkan tubuh dari mengkonsumsi telur, anggapan bahwa telur menyebabkan bisul ini menyebabkan sebagian orang malah membatasi konsumsi telur.

Jadi, gimana fakta yang sebenarnya ya? Apakah benar jika sering mengkonsumsi telur bisa menyebabkan bisul?

Telah dilansir dari berbagai sumber, apakah sering mengkonsumsi telur bisa menyebabkan bisul, jawabannya tidak, karena anggapan sebagian masyarakat bahwa sering mengkonsumsi telur bisa menyebabkan bisul tersebut hanyalah hoax atau mitos.

Kondisi seseorang yang terkena bisul sebenarnya terjadi karena adanya suatu peradangan kulit yang terlokasi, umumnya sering terjadi pada folikerl rambut, saat terkena bisul yang akan mengandung nanah di dalam bisul tersebut, nanah yang ada dalam bisul ini ialah hasil dari pertempuran antara sel darah putih dengan bakteri penyebab dari bisul.

BACA JUGA:JOS! Air Kelapa Hijau Plus Telur Ayam Kampung, Khasiatnya Jangan Ditanya

Telah disebutkan sebelumnya bahwa mengkonsumsi telur bukanlah penyebab seseorang mengalami bisul, namun pada beberapa orang bisa saja terkena dan mengalami alergi telur, termasuk pada anak-anak.

Alergi pada telur merupakan kondisi yang dapat terjadi karena sistem imun tubuh beranggapan bahwa protein yang dimiliki oleh telur ini adalah zat yang berbahaya bagi tubuh.

Nah, hal inilah yang menyebabkan, sistem imun dalam tubuh bereaksi untuk melepaskan histamin sebagai perlawanan untuk menjaga tubuh dari zat yang dianggap berbahaya tersebut.

Hal ini bisa memicu timbulnya gejala-gejala reaksi dari alergi yang dialami, ketika seseorang mengalami alergi pada telur maka bisa mengalami berbagai masalah kulit, seperti kulit menjadi bentol-bentol, lalu terdapat ruam merah bahkan rasa gatal pada kulit.

BACA JUGA:4 Khasiat Kopi Campur Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

Ketika seseorang mengalami reaksi alergi pada telur tersebut, maka akan bertindak secara reflek akan lebih sering untuk menggaruk rasa gatal pada kulitnya.

Menggaruk secara berlebihan akan menyebabkan luka dan juga menjadi infeksi.  Hal inilah yang akan malah menjadi pemicu utama masuknya bakteri yang akan menyebabkan infeksi, jika terjadi infeksi hal inilah yang nantinya akan berisiko meningkatkan munculnya bisul pada kulit tubuh.

Selain susu, mengkonsumsi telur juga tergolong sebagai salah satu dari banyak jenis makanan yang paling sering menimbulkan reaksi alergi. Apalagi alergi ini juga sering menyerang anak-anak.

Namun, ternyata seseorang yang mengalami alergi telur ini bisa saja diatasi seirng dengan umur yang bertambah serta jika seseorang melakukan pengobatan yang memang tepat untuk menghilangkan alergi pada telur.

BACA JUGA:4 Khasiat Kopi Campur Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

Sebenarnya jika seseorang mengalami alergi telur, tidak hanya menyebabkan bisul lho, tetapi ketika seseorang mengalami alergi telur juga bisa mengalami gejala lainnya, seperti menjadi sakit perut, mual, muntah dan juga terkena diare, dan yang lebih parah bisa mengakibatkan reaksi alergi yang lebih parah, yang disebut dengan anafilaksis, walaupun kasus anafilaksis ini cendrung jarang muncul.

Jadi, oleh sebab itulah ternyata mengkonsumsi telur sebenarnya bukan penyebab utama terjadi bisul di kulit ya.

Selain karena alergi pada telur ada beberapa faktor lain yang menyebabkan terjadinya bisul lho, simak apa saja penyebabnya :

  • Melakukan kontak fisik secara langsung terhadap orang yang sedang menngalami bisul
  • Tidak memberssihkan tubuh dengan baik
  • Memiliki sitem kekebalan tubuh yang lemah
  • Memiliki berata badan yang berlebihan atau mengalami obesitas
  • Mengalami masalah kulit, contohnya eksim atau kulit yang berjerawat
  • Terlalu sering mencukur bulu ataupun rambut

Karena itulah aman jika memang seseorang ingin mengkonsumsi telur, dan tidak perlu takut terkena bisul lagi.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ternyata Ini Cara yang Tepat Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Anak

Namun yang harus diingat adalah untuk penderita ataupun seseorang yang memiliki riwayat alergi pada telur, lebih disarankan untuk berhati-hati dan juga membatasi konsumsi telur, hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kemunculan reaksi alergi pada telur.

Juga harus tetap diperhatikan pada oreang-orang yang menderita penyakit kolesterol tinggi ya, ataupun pada seseorang yang memiliki penyakit jantung untuk mengatur jumlah dari telur yang akan dikonsumsi.

Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada didalam kuning telur ini dapat membuat kolesterol menjadi cukup tinggi sehingga hal ini akan berisiko menyebabkan sumbatan dalam pembuluh darah apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA: 5 Tips Melatih Anak agar Cepat Berjalan Sendiri, Orang Tua Wajib Tahu!

Nah, jadi dari penjelasan ini dapat di simpulkan bahwa mengkonsumsi telur bukanlah penyebab seseorang mengalami bisul, yang artinya anggapan masyarakat selama ini hanyalah mitos biasa dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: