Pj Gubernur Agus Fatoni Pimpin Deklarasi Secara Serentak Netralitas ASN Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Semsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Pimpin Deklarasi Secara Serentak Netralitas ASN Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Semsel

Pj Gubernur Agus Fatoni pimpin deklarasi deklarasi netarlitas yang diikuti 180.751 ASN serentak se-Sumsel--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak tahun 2024 mendatang, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni secara langsung memimpin Deklarasi secara serentak Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Rabu 27 Desember 2023.

Pembacaan ikrar netralitas ASN dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan SA Supriono diikuti oleh Bupati/Walikota se-Sumsel dan secara daring diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Usai pembacaan deklarasi kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pakta integritas netralitas ASN secara serentak se-Sumsel. 


Penandatanganan naskah pakta integritas netralitas ASN secara serentak se-Sumsel--dok : sumeks.co

Dalam kesempatan ini, Fatoni mengapresiasi diselenggarakannya deklarasi netarlitas yang diikuti 180.751 ASN serentak se-Sumsel. Tak hanya itu, dia juga mengaku bangga atas prestasi Provinsi Sumatera Selatan menjadi yang pertama se-Indonesia melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Palembang Imbau Ketua RT/RW Tidak Arahkan Warganya Mencoblos Capres dan Caleg Tertentu

"Beberapa waktu lalu Sumsel mempelopori pelaksanaan penandatangan NPHD serentak dan itu dihadiri langsung ketua KPU pusat, ini merupakan keinginan dan komitmen kita bersama yang ingin diwujudkan Sumsel menjadi percontohan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada seluruh Indonesia," ucap Fatoni.

Kemudian, Fatoni juga menegaskan bahwa netralitas ASN pada Pemilu dan Pilkada merupakan kewajiban yang harus dipegang teguh. Sementara itu, KPU dan Bawaslu dalam hal ini sebagai penyelenggara pemilu juga harus didukung penuh. 

"Bupati, Walikota dan seluruh ASN telah berkomitmen menjaga netralitasnya pada Pemilu 2024. Terutama kepada ASN ini adalah  atensi yang harus kita taati dan menjadi komitmen kita bersama," ujarnya.

Oleh karena itu, Fatoni mengimbau agar Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk terus mendukung agar pesta demokrasi di Sumsel ini berjalan dengan aman, damai dan lancar. Menurutnya, dengan kerjasama yang baik akan mewujudkan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 mendatang berjalan sukses.

BACA JUGA:Sumsel Jadi Tuan Rumah Kegiatan IMM ke-XX, Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Dampak Positif

"Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota serta Forkopimda pasti mendukung KPU dan Bawaslu menjalankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada di Sumsel agar berjalan dengan lancar. Dengan kerja bersama kita yakin apa yang kita harapkan membuat Sumsel semakin maju terwujud,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumsel Andika Pranata Jaya menyambut baik kegiatan ini. Andika yakin bahwa seluruh ASN di Sumsel mampu bersikap netralitas.

"Ini memberikan keyakinan bagi kami penyelenggara Pemilu bahwa Sumsel siap melaksanakan Pemilu dengan baik. Kami juga yakin ASN di Sumsel menjalankan netralitas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: