Mood Swing Menggangu Aktivitas? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Mood Swing Menggangu Aktivitas? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara mudah mengatasi mood swing-ilustrasi-

SUMEKS.COMood swing adalah perubahan suasana hati secara cepat dan juga drastis yang ditandai dengan perubahan emosi seseorang yang menjadi reaksi dari tubuh terhadap lingkungan atau situasi tertentu.

Keadaan seperti mood swing ini biasanya terjadi hanya sesekali saat menghadapi situasi yang cukup buruk maka kondisi ini masih normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika perubahan suasana hati atau Mood Swing ini terjadi dalam jangka waktu yang lama dan berulang maka harus waspada karena bisa saja ini merupakan tanda dari adanya kelainan tertentu.

Pada kasus yang sudah terjadi, mood swing bisa terjadi secara mendadak serta melibatkan kondisi emosional yang naik dan turun, kemudian bergantian bahagia dan sedih.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Kemudian, orang yang mengalami mood swing yang parah akan mudah mengalami perasaan marah, kecemasan, mudah tersinggung, ataupun bisa depresi dalam waktu yang relatif singkat.

Lalu apa saja yang menjadi tanda-tanda dari mood swing atau perubahan suasana hati ini? Dikutip dari hallosehat.com tanda-tanda mood swing beragam diantaranya adalah merasakan cemas atau sedih secara terus menerus, mudah marah dan juga mudah tersinggung, sulit untuk fokus dan juga berkonsentrasi serta tidak bisa mengambil keputusan dengan baik.

Selain itu bisa juga dengan hilangnya minat untuk melakukan berbagai aktivitas yang disenangi, perubahan pada nafsu makan serta berat badan yang bisa naik atau turun, kurang bersemangat, kelelahan, merasa lesu atau justru malah terlalu bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas, terjadi perubahan kebiasaan tidur dan juga adanya gangguan tidur, mudah gegabah serta berperilaku kurang pantas dan kadang muncul pula gejala fisik seperti merasakan sakit kepala atau adanya masalah pencernaan.

Nah, selain beberapa tanda-tanda tersebutperlu juga untuk mewaspadai perubahan pada suasana hati yang disertai dengan perilaku yang akan melukai diri sendiri atau sampai memicu kecendrungan untuk melakukan bunuh diri.

BACA JUGA:Terbukti Aman! 8 Cara Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Efek Samping

Jika memang sudah merasakan gejala mood swing yang memburuk ini segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli kesehatan mental ya, jangan dianggap remeh, segera temui psikolog atau psikiater yang cocok untuk membantu mengatasi mood swing yang memburuk agar dapat mevegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya semua penyakit yang terjadi pada tubuh manusia pasti punya faktor pemicu atau penyebab terjadi nya bukan? Maka, yuk simak apa saja faktor penyebab yang bisa memicu terjadinya mood swing,

1. Terjadinya perubahan pada hormon

Mood swing ialah suatu kondisi yang dipicu oleh perubahan kadar hormon yang ada dalam tubuh. Nah, kondisi ini sering dialami oleh wanita dengan premenstrual syndrome (PMS), ibu hamil atau pada wanita yang sudah memasuki masa menopause

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: