LUAR BIASA! IPS Pemkab Muara Enim Lampaui Rata-Rata Angka Nasional

LUAR BIASA! IPS Pemkab Muara Enim Lampaui Rata-Rata Angka Nasional

PRESTASI : Kepala Muara Enim Edi Subeno menyampaikan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkab Muara Enim Tahun 2023 kepada Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkab Muara Enim Tahun 2023 adalah 2,11 dengan predikat Cukup, angka ini tertinggi No 3 di Sumsel dan diatas angka rata-rata nasional 1,78.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim Edi Subeno kepada Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Kota Muara Enim didampingi Kepala Dinas Kominfo Ardian Arifanardi,, Kamis 14 Desember 2023.

Penilaian ini berpedoman pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2022 tentang EPPS yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik sebagai pembina data statistik di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim Edi Subeno, mengatakan keluaran EPSS adalah indeks Pembangunan Statistik (IPS), yaitu suatu indikator yang menggambarkan tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di masing-masing instansi pemerintah penyelenggara kegiatan statistik sektoral Indeks ini, selain disajikan secara umum, juga disajikan menurut domain dan aspek IPS merupakan salah satu indikator penilaian Reformasi Birokrasi (RB) General untuk seluruh instansi pemerintah.  

BACA JUGA:Literasi Digital Jadi Kunci untuk Cegah Hoaks dan SARA Jelang Pemilu 2024

Disamping itu, IPS juga dapat menjadi ukuran dalam pencapaian pelaksanaan Satu Data Indonesia (SDI) dan penyelenggaraan urusan statistik di tingkat pemerintahan daerah.

“Saya berharap capaian ini dapat semakin memacu semua pihak terlibat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral sampai ketingkat paling dasar di Kabupaten Muara Enim,” harap Edi Subeno.

Sementara itu, Pj Bupati Rizali didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi sangat menyambut baik capaian luar biasa ini. 

“Selamat untuk capaian ini, tentu untuk sampai ketahap ini tidaklah mudah, banyak yang harus dilakukan dan banyak juga pihak yang terlibat. Kedepan, akan terus saya dukung karena hal ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Muara Enim disegala bidang. Saya juga  berharap agar upaya-upaya ini dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan guna menjadikan Kabupaten Muara Enim semakin terdepan,” ucap Pj Bupati.

BACA JUGA:Update Perkara Korupsi Pajak, Giliran Direktur PT Karya Beton Perkasa Diperiksa Jaksa Kejati Sumsel

Dalam kesempatan yang sama, Ardian Arifanardi selaku Kepala Dinas Kominfo yang terlibat langsung dalam capaian ini sangat terkejut menerima hasil EPPS ini karena IPS ini tertinggi No 3 di Sumsel dan diatas angka rata-rata nasional 1,78.

Tentu capaian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral di Muara Enim sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, kata Ardian yang didampingi langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data, Informasi Publik, dan Statistik (PDIPS) Harry Aries Saputra, ini juga merupakan tantangan atau motivasi agar kedepannya bisa lebih meningkatkan indeks statistik sektoral disetiap tingkatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: