Pj Bupati Banyuasin: 'Gertas' Andalan dari Program Mandiri Pangan 2023

Pj Bupati Banyuasin: 'Gertas' Andalan dari Program Mandiri Pangan 2023

Pj Bupati Banyuasin memberikan bantuan ke warga demi menyukseskan program andalan 'Gertas', Senin 11 Desember 2023.-foto sumeks.co-

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Mewujudkan Kabupaten Banyuasin mandiri pangan, Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengajak masyarakatuntuk mengalakan program andalan gerakan tanam sayur (gertas). 

BACA JUGA:Buruan Daftar, Pemkab Banyuasin Buka Lelang Jabatan Pejabat Eselon II

"Saya ajak masyarakat untuk galakan gerakan tanam sayur, agar Banyuasin mandiri pangan, " kata PJ Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam ketika ditemui usai penyerahan benih sayur dan sarana produksi kepada penerima manfaat bantuan gerakan tanam sayur (Gertas) Kabupaten Banyuasin di Aula SMK Pertanian Pembangunan Negeri , Sembawa, Senin  11 Desember 2023. 

Diakuinya kalau saat ini Kabupaten Banyuasin mandiri pangan terutama beras yang mana Kabupaten Banyuasin menduduki peringkat ke empat secara nasional.

"Saya berharap kedepannya tidak hanya saja beras. Tapi mandiri pangan yang lainnya seperti cabe, sayur mayur dan lain sebagainya, 'tukasnya didampingi Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim. 

Pj Bupati Hani Syopiar Rustam SH mengatakan, bantuan benih sayur dan sarana produksi tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat.

Ia menambahkan bantuan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Banyuasin untuk mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Stabilkan Harga Sembako, Pemkab Banyuasin Gelar Pasar Murah

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin Masita Liana SP MSi mengatakan ada 120 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 17 kecamatan di Banyuasin yang menerima bantuan Gertas.

Ia mengajak para ibu rumah tangga agar kreatif memanfaatkan fasilitas yang ada seperti ember bekas untuk menanam berbagai sayur dan cabai di pekarangan rumah.

"Hal ini tentunya banyak manfaat, terutama menyikapi harga cabai yang semakin mahal,"katanya. Jika nantinya sudah panen, masyarakat tinggal petik dan tidak perlu lagi beli ke pasar" Kalau banyak juga bisa dijual untuk menambah penghasilan keluarga,"pungkasnya.(qda)

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin: 'Gertas' Andalan dari Program Mandiri Pangan 2023

BACA JUGA:ASN Harus Netral, PJ Bupati Banyuasin Terus Berikan Himbauan Menghadapi Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: