WOW! Kabupaten Penghasil Susu Kuda Liar Ini Miliki 2 Miliar Ton Emas, Kalahkan Cadangan Emas Freeport

WOW! Kabupaten Penghasil Susu Kuda Liar Ini Miliki 2 Miliar Ton Emas, Kalahkan Cadangan Emas Freeport

Temuan emas 2 miliar ton di kabupaten yang dikenal sebagai penghasil susu kuda liar, yakni di tambang Onto, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. -Foto: Antara-

SUMEKS.CO - Informasi Badan Geologi Kementerian ESDM cukup mengejutkan banyak orang, atas temuan potensi 2 miliar ton emas dan tembaga. 

Keberadaan emas dan tembaga dengan nilai sangat fantastis itu berada kabupaten yang dikenal sebagai penghasil susu kuda liar, yakni di tambang Onto, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Badan Geologi Kementerian ESDM masih melakukan pendaratan terhadap temuan yang diperkirakan mengalahkan cadang emas PT Freeport Indonesia itu. 

Namu temuan potensi mineral yang mengandung emas tersebut bukanlah emas, tapi ore yang mengandung emas, jika diolah tidak sebesar 2 miliar ton. 

BACA JUGA:Terungkap! 57 Ton Emas Dibeberkan Soekarno Kepada Jurnalis AS, Akui Gaji Kecil dan Tak Punya Rumah

Wilayah tambang Onto juga terdapat keunikan tersendiri, dimana wilayah ini memiliki potensi sumber daya Panas Bumi di dalamnya.

Potensi sumber daya mineral yang terindikasi sebesar 2 miliar ton tersebut ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (PT STM).

Penemuan PT STM ini bisa menjadi masukan bagi pemerintah, terutama untuk melihat potensi penemuan emas di wilayah lain yang terdapat sumber energi panas bumi.

PT STM selaku pemegang Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 tahun 1998 hingga kini memang masih melakukan pencarian cadangan emas di tambang Onto, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Petunjuk Bila Masuk Lokasi Emas Ratusan Ton Kerajaan Sriwijaya, Berada di Rimbah Belantara

Adapun, jika KK sudah dipegang oleh Sumbawa Timur Mining sejak tahun 1998, itu artinya perusahaan sudah 25 tahun melakukan kegiatan eksplorasi mencari harta karun emas tersebut.

Saat ini PT Freeport Indonesia memiliki cadangan emas sekitar 1,8 miliar ton mineral, dengan laju penambangannya sekitar 150 ribu ton per hari. 

Mengacu pada angka-angka tersebut, tambang emas dan tembaga di Grasberg, Papua diperkirakan masih bisa berproduksi hingga 2051.

Bila melihat potensi emas di Onto, jumlah itu nyaris setara dengan cadangan emas PT Freeport Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: