Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi untuk Bayi, Simak Penjelasan untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi untuk Bayi, Simak Penjelasan untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Menjemur bayi dibawah sinar matahari banyak dilakukan ibu yang bertujuan untuk kesehatan bayi.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Pernah mendengar bahwa bayi sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari di waktu pagi? Berjemur di bawah sinar matahari di waktu pagi hari bagi bayi memang menjadi salah satu aktivitas yang disarankan.

Sebagai negara yang didukung dengan iklim tropis, berjemur di bawah paparan sinar matahari bagi bayi merupakan tradisi dan kebiasaan masyarakat indonesia.

Manfaat menjemur bayi di pagi hari perlu dilakukan dengan benar. karena jika sudah diterapkan dengan cara yang tepat, maka bayi akan mendapatkan manfaat dari berjemur di pagi dan sore hari.

Berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi dapat membantu tubuh bayi dalam menghasilkan vitamin D secara alami yang berguna untuk perkembangan tulang dan gigi, membantu penyerapan kalsium, serta mengatur sistem kekebalan tubuh pada bayi.

BACA JUGA:Ibu Hamil Sering Minum Air Dingin Bisa Sebabkan Bayi dalam Kandungan Membesar, Benarkah? Ini Faktanya

Vitamin D alami yang diperoleh dari paparan sinar matahari tersebut diyakini mampu untuk meningatkan kesehatan tulang serta merangsang kerja hati sehingga tubuh bayi bisa memecah bilirubin yang membuat tubuh bayi kuning.

Paparan sinar matahari di waktu pagi dipercaya mampu merangsang pelepasan hormon endorfin yang berguna untuk menurunkan kadar stress pada manusia. tapi ingat bukan paparan sinar matahari di siang bolong ya! 

Perlu diperhatikan bahwa tidak boleh menjemur bayi dengan cara yang sembarangan, karena kulit bayi yang masih sangat tipis serta sensitif akan membuatnya lebih rentan untuk terbakar sinar matahari.

Karena itulah, sebelum melakukan aktivitas berjemur, kenali dulu cara yang aman agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

BACA JUGA:Agar Bayi Tumbuh Sehat dan Cerdas, Ini 3 Aktivitas saat Ibu Hamil

Jadi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal saat menjemur bayi di bawah paparan sinar matahari, yuk perhatikan beberapa tips nya.

1. Perhatikan waktu untuk berjemur

Berjemur merupakan salah satu aktivitas rutin dalam perawatan bayi, namun apakah sudah berjemur di waktu yang tepat?

Dilansir dari klikdokter.com, waktu yang tepat untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari yaitu sebelum pukul 10 pagi dan di atas pukul 4 sore yang arti nya, jika bayi berjemur di pagi hari usahakan antara pukul 7 hingga 10 pagi. dan jika ingin kembali berjemur di sore hari pada pukul 4 sore hingga sebelum waktu magrib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: