Membaca di Tempat Gelap Bisa Merusak Kesehatan Mata, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli

Membaca di Tempat Gelap Bisa Merusak Kesehatan Mata, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli

Fakta tentang larangan membaca di tempat gelap -Foto : Ilustrasi-

SUMEKS.CO – Masa kecil memang sering membawa kenangan yang membekas dengan berbagai larangan salah satunya tentang membaca dalam cahaya gelap yang dipercaya bisa merusak mata.

Orang tua seringkali memberikan larangan membaca di tempat gelap meski hingga sejauh ini belum diketahui darimana kebenarannya?

Dikutip dari Halodoc, hal ini dijelaskan oleh Richard Gans, MD yang merupakan seorang dokter mata di Cleveland Clinic Cole Eye Institute menjelaskan bahwa cahaya redup atau gelap akan membuat mata sulit fokus, sehingga menyebabkan kelelahan pada mata dalam jangka pendek.

Tetapi dia juga mengkonfirmasi bahwa hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang paten untuk menunjukkan bahwa membaca di tempat gelap bisa menjadi penyebab dari masalah kesehatan mata dalam jangka waktu panjang.

BACA JUGA:Fakta Menarik! Makan Apel di Pagi Hari Lebih Ampuh Bikin Mata Melek Dibanding Kopi

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Hello Sehat oleh Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa mata manusia dirancang untuk dapat menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang berbeda.

Jika seseorang mencoba untuk membaca di tempat yang gelap maka otomatis pupil mata akan membesar yang berguna dalam mengambil lebih banyak cahaya lewat lensa retina.

Nah sel di retina inilah yang disebut sebagai sel batang dan sel kerucut dimana menggunakan cahaya untuk memberikan informasi ke otak tentang apa yang dilihat.

Contoh lain jika seseorang berada di tempat yang gelap, misalnya ketika baru bangun tidur yang prosesnya akan dilakukan secara bertahap dengan terbiasa dari keadaan gelap gulita ke keadaan yang bercahaya.

BACA JUGA: Ingin Penglihatan Terjaga, Konsumsi 7 Buah dan Sayur Penyehat Mata Berikut Ini

Dengan menyalakan lampu maka mata akan merasakan cahaya yang sangat terang hingga akhirnya pupil menyesuaikan diri.

Memang ada beberapa kemungkinan yang dapat dialami saat seseorang memaksakan membaca di tempat gelap salah satunya dapat mempengaruhi beberapa hal seperti sakit kepala, mata gatal, dan sensitivitas cahaya.

Untuk mengetahui bahwa mata anda masuk dalam kategori mata lelah ini ditandai dengan beberapa gejala diantaranya mata berair, penglihatan yang buram, mata yang sensitif terhadap cahaya, nyeri leher dan bahu, sakit kepala, sulit konsentrasi dan mata gatal.

Selain bisa menyebabkan mata lelah, kebiasaan membaca di tempat yang gelap ini juga akan membuat seseorang sulit fokus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: