Sekitar 15 ribu Warga OKU Timur Menganggur, Pemerintah Disarankan Lebih Masif Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Sekitar 15 ribu Warga OKU Timur Menganggur, Pemerintah Disarankan Lebih Masif Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Ketua Tim Stastik Sosial, Surya Wargito--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Tahun 2023 ini, sekitar 15 ribu warga Kabupeten OKU Timur, Sumatera Selatan menganggur. Data itu 3,96 persen dari jumlah penduduk OKU Timur 680.000 jiwa dikurangi, dengan angka bukan angkatan kerja.

Yang termasuk bukan angkatan kerja adalah anak sekolah, dan ibu rumah tangga yang memang tidak bekerja. Namun jika ibu rumah tangga yang bekerja, itu dimasukan dalam angkatan kerja atau perempuan yang bekerja. 

Angka 3,96 persen tingkat penganguran terbuka (TPT) di OKU Timur tersebut sebenarnya menurun dibandingkan tahun lalu. Yakni tahun 2022 TPT di OKU Timur mencapai 4,79 persen. 

Data TPT 3,96 persen tersebut berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupupten OKU Timur tahun 2023.

BACA JUGA:Petani Khawatir Pupuk Langka, Dinas Pertanian OKU Timur Klaim Pupuk Subsidi Surplus

Kepala BPS OKU Timur Ir H Budiryanto MA, melalui Ketua Tim Stastik Sosial, Surya Wargito menjelaskan bawha TPT adalah yang warga yang tidak ada pekerjaan sama sekali. 

"Rilis akhir tahun ini, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di OKU Timur sebesar 3,96 persen. Atau sekitar 15 ribu orang," jelas Surya Wargito, Senin 4 Desember 2023. 

Dia mengatakan tingkat pengangguran ini menurun dibanding tahun 2022, yang mencapai 4,79 persen. 

"Di Sumsel ini, Kabupaten OKU Timur ini peringkat 11 terbaik TPT. Kalau penurunannya OKU Timur merupakan peringkat 3 tebaik di Sumsel, yakni turun 0,83 persen, dibanding tahun 2022," katanya.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Pajak Mirip Gayus Tambunan, Bikin Petinggi Pertamina Sumbagsel Dipanggil Penyidik, Ada Apa?

Dia menjelaskan, semakin rendah angka TPT maka semakin bagus. Diakuinya pula TPT dari tahun ke tahun di OKU Timur mengalami naik turun.

 

Terutama saat pandemi covid-19 lalu. Kenaikan dampak covid-19 terlihat pada tahun 2021 yaitu 3,18 persen, naik di tahun 2022 menjadi 4,79 persen. Kemudian turun lagi menjadi 3,96 persen pada tahun 2023. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: