Ringan dan Minim Cidera, 5 Olahraga Ini Masih Sangat Efektif untuk Dilakukan Lansia

Ringan dan Minim Cidera, 5 Olahraga Ini Masih Sangat Efektif untuk Dilakukan Lansia

Peregangan bisa dilakukan Lansia untuk meningkatkan kesehatan tubuh.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Olahraga baik untuk  anak-anak dan orang lanjut usia (Lansia) yang bisa dilakukan dirumah maupun di tempat latihan khusus.

Anak-anak mungkin masih terbilang aktif berolahraga, namun untuk mereka yang sudah Lansia atau manula biasanya sudah memiliki semangat yang menurun.

Oleh karena itu orang yang sudah Lansia membutuhkan olahraga ringan yang minim cidera serta bisa mengaktifkan lagi semangat sekaligus terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Olahraga ringan yang minim cidera ini juga merupakan bentuk aktivitas fisik yang dilakukan manusia untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan seiring bertumbuhnya usia. 

BACA JUGA:Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Bikin Awet Muda, Simak Penjelasannya Disini

Lansia yang kurang bergerak atau jarang berolahraga bisa meningkatkan berbagai risiko dan masalah kesehatan misalnya nyeri sendi dan otot, tekanan darah tinggi, pikun, hingga diabetes.

Jadi untuk menghindari berbagai masalah ini dibutuhkan olahraga sebagai penetral aktivitas termasuk orang yang sudah lansia bisa semakin aktif dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. 

Berikut ini SUMEKS.CO rangkum dari halodoc beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan para lansia di rumah dengan proporsi latihan yang lebih dibatasi dan berbeda dengan orang yang lebih muda termasuk intensitas rendah sampai sedang sehingga akan imbang.

1. Jalan cepat

BACA JUGA:Jogging Termasuk Obat Ampuh untuk Menyembuhkan Sakit Hati, Ini Penjelasannya

Aktifitas satu ini cocok dilakukan oleh para lansia dimana termasuk sebagai jenis latihan aerobik yang lebih rendah dibandingkan joging.

Kendati demikian olahraga dengan jalan cepat ini dinilai termasuk sebagai olahraga yang sangat bermanfaat untuk lansia salah satunya akan meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Dibandingkan dengan aktivitas joging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian pada lansia yang mulai merapuh.

Malah aktivitas ini sangat berguna jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah sehingga ini bisa jadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: