Pengemin Perebutkan 329 Objek Lelang di 15 Kecamatan Kabupaten OKI

Pengemin Perebutkan 329 Objek Lelang di 15 Kecamatan Kabupaten OKI

Rapat pemantapan tim pengawas lelang lebak lebung dan sungai (L3S) di RRBS, Pemkab OKI, Senin 27 November 2023.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Perikanan akan melaksanakan kegiatan lelang lebak lebuk dan sungai (L3S) tahun 2023.

Lelang L3S merupakan salah satu tradisi masyarakat Kabupaten OKI yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan menjaga kelestarian rawa lebak dan ekosistemnya.

Pelaksanaan L3S akan dilaksanakan pada Rabu 29 November 2023 di 15 Kecamatan di Kabupaten OKI dengan jumlah objek lelang sebanyak 329 objek. 

Disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OKI, Ubaidilah SKM, tahun ini untuk kegiatan lelang lebak lebung dan sungai di Kabupaten OKI kembali dilaksanakan. Yakni serentak di sejumlah Kecamatan yang tersebar di OKI. 

BACA JUGA:738 Peserta Ikuti Open Tournament Pencak Silat PSHT UBD Palembang

"Hari ini kita rapat pemantapan tim pengawas untuk pelaksanaan lelang lebak lebung dan sungai, agar memahami pelaksanaannya," ujar Ubaidilah, dalam rapat pemantapan tim pengawas L3S di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) I Pemkab OKI, Senin 27 November 2023.

Ubaidilah mengatakan, untuk objek lelang lebak lebung dan sungai tahun ini bertambah satu, dimana tahun 2022 jumlah objek lelang sebanyak 328 objek kini menjadi 329 objek lelang

Dia menyebut, dari ratusan jumlah objek lelang ini tersebar di 15 Kecamatan dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten OKI. Tiga Kecamatan yang tidak melaksanakan lelang lebak lebung dan sungai adalah Kecamatan Mesuji, Mesuji Makmur dan Teluk Gelam. 

"Dari jumlah ratusan objek lelang banyak terdapat di Kecamatan Pampangan dengan jumlah 62 objek dan Kecamatan Kayuagung dengan jumlah 44 objek," jelas Ubaidilah, diwawancarai SUMEKS.CO.

BACA JUGA:Mantap, Pj Wako Palembang Ratu Dewa Sampaikan 5 Skala Prioritas Program Tahun 2024

Lanjutnya, untuk objek lelang yang sedikit terdapat di Kecamatan Lempuing dengan 1 objek dan Pedamaran Timur juga 1 objek. 

Pelaksanaan lelang lebak lebung dan sungai ini, setiap tahun sama. Dimana lelang lebak lebung ini, merupakan menjadi pendapatan asli daerah atau PAD.

Berharap masukan PAD dari L3S tahun ini tinggi. Sehingga perlu dipatuhi persyaratan yang ada agar timbul pencapaian. 

"Lelang lebak lebung ini adalah kearifan lokal yang sama-sama kita jaga kelestarian nya dan produktivitas nya," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: