Cair Lagi Hari Ini! Bansos BPNT Senilai Rp400 Ribu Siap Disalurkan, Segera Cek Status Penerima Sekarang

Cair Lagi Hari Ini! Bansos BPNT Senilai Rp400 Ribu Siap Disalurkan, Segera Cek Status Penerima Sekarang

Bantuan Pangan Non Tunai merupakan salah satu bantuan sosial yang diberikan pemerintah ke masyarakat miskin.--dok : sumeksco

SUMEKS.COBantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan salah satu bantuan yang disalurkan pemerintah lewat Kemensos yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Hal ini sama halnya untuk menghapus kemiskinan ekstrem yang terjadi di Indonesia hingga 0 persen di tahun 2024.

Bantuan sosial ini disalurkan kepada masyarakat miskin dan juga yang rentan miskin dimana nama dan data lengkap sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosisal Kemensos.

Meski memang namanya Bansos non tunai namun saat ini diketahui penyalurannya sudah diubah menjadi Bantuan Langsung Tunai atau BLT.

BACA JUGA:Resmi Cair! Bansos PKH dan BPNT November-Desember 2023, Buruan Cek Sekarang Juga

BPNT yang awalnya adalah Bansos yang diberikan dalam bentuk non tunai berupa sembako untuk masyarakat kemudian diganti tepatnya pada 23 Desember 2020, lewat skema penyaluran BPNT yang diganti menjadi BLT berupa uang tunai senilai Rp200.000 per bulannya. 

Nah jika perbulannya bernilai Rp200.000 maka jika diakumulasikan menjadi per tahun maka bantuan yang akan diterima Keluarga Penerima Manfaat atau KPM total senilai Rp2.400.000.

Tapi biasanya bantuan tidak dicairkan perbulan atau pertahun melainkan dibagi menjadi 6 tahapan dimana pertahapannya masyarakat penerima manfaat akan mendapatkan bantuan senilai Rp400.000.

Selain itu penyaluran Bansos juga dilakukan selama 2-3 bulan sekali.

BACA JUGA:Bansos PKH Rp600.000 Cair di Kantor Pos Hari Ini, Buruan Cek Nama Penerima Sekarang

Apabila merujuk pada penyaluran sebelumnya maka bantuan akan disalurkan setiap 2 bulan sekali, dan saat ini bansos BPNT atau BLT ini akan segera memasuki tahap 6 untuk alokasi di bulan November-Desember 2023. 

Tapi kapankah bantuan sosial ini cair dibulan ini?

Nah kabar gembiranya bansos ini akan dijadwalkan cair mulai awal bulan November terhitung tanggal 1 November hingga 31 Desember 2023.

Sehingga artinya hari ini bansos BPNT masih cair kepada penerima manfaat di beberapa daerah namun memang harus bersabar karena bantuan ini sifatnya disalurkan secara bertahap di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: