Yang Rindu Suzuki Carry 1.0! Harga Baru Cuma Rp100 Jutaan, Tampangnya Imut Banget

Yang Rindu Suzuki Carry 1.0! Harga Baru Cuma Rp100 Jutaan, Tampangnya Imut Banget

Suzuki Carry 1.0 menjadi salah satu mobil yang mengaspal cukup banyak di Indonesia--

SUMEKS.CO - Suzuki Carry menjadi salah satu mobil yang mengaspal cukup banyak di Indonesia. Sejak generasi awalnya yang disebut Carry 1.0, mobil tanpa hidung ini memang sangat diminati. 

Nah, yang rindu dengan mobil jadul Carry 1.0, mobil yang dijual dengan dua model, yakni minibus dan pick up kembali hadir. 

Suzuki Carry 1.0 hadir pertama kali tahun 1980 an. Tingginya minat mobil satu ini membuat umurnya panjang. Meski tahun 2006 Suzuki Carry 1.0 disuntik mati. 

Tampilan Suzuki Carry tahun 2023 masih mengusung konsep unik dengan desain layaknya minivan tahun 1980 an. 

BACA JUGA:Gak Bikin Pusing dan Kantong Jebol, Berikut 5 Mobil Toyota Paling Irit BBM

Dengan fascia berbentuk kotak dengan grill hitam horizontal mirip Carry ST20. Bedanya, minivan ini mengusung bentuk headlamp kotak dengan frame berbentuk trapesium, sementara Carry 1.0 awal lampu depannya masih berbentuk bulat. 

Bentuk atapnya juga dibuat cembung ke atas, yang mirip dengan atap Suzuki Katana. Bergeser ke samping bodi, terdapat pintu geser yang memudahkan akses keluar-masuk penumpang atau saat menaruh barang bawaan.

Kesan jadul juga terlihat di bagian buritian, dengan bentuk lampu sein dan stoplamp  yang berpadu dengan kaca belakang lebar.

Suzuki ini mengusung mesin 796 cc 3-silinder OHC, di bawah Carry 1.0, yang mengusung mesin 970 cc. Namun diklaim mampu mengeluarkan tenaga 37 dk di 5.000 rpm dan torsi maksimum 62 Nm di 3.000 rpm. 

BACA JUGA:Bocoran Toyota Corolla Cross 2024, Performa dan Mesin Berubah, Peningkatan Fitur TSS!

Konsumsi BBM mesin Suzuki ini yang masih berstandar emisi Euro 2 ini tergolong relatif boros, yaitu 12 km/liter untuk rute dalam kota dan 14 km/liter di rute luar kota. 

Namun namanya bukan Carry 1.0, melainkan Suzuki Bolan. Suzuki bertubuh mungil ini telah mengaspal di Pakistan. Dengan berkapasitas 5 penumpang ini dibanderol mulai 1.940.000 Pakistan Rupee (PKR) atau setara Rp 107 jutaan (kurs 1 PKR = Rp 55.56 per 13 November 2023).

Kelebihan Suzuki Carry 1.0, selain dari mesin yang andal dan durability yang baik, spare parts atau suku cadang Suzuki Carry 1.0 juga melimpah dan murah.

Ini terbukti dari banyaknya angkutan umum (angkot) yang menggunakan Suzuki Carry 1.0 ini untuk niaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: