NAH LHO! RAT Tidak Dilaksanakan, Neraca Pembukuan Amburadul

NAH LHO! RAT Tidak Dilaksanakan, Neraca Pembukuan Amburadul

Kantor Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten OKI. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Setiap awal tahun koperasi selalu mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Ini merupakan kewajiban setiap koperasi dan ini merupakan wujud pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggotanya atas kinerjanya. 

Rupanya, di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ada koperasi yang tidak melaksanakan RAT setiap tahunnnya.

Salah satu koperasi yang tidak pernah melaksanakan RAT adalah koperasi Marga Mulya. Sudah dua tahun ini koperasi tersebut tidak melaksanakan RAT.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Mafia Pajak Mirip Kasus Gayus Terus Diusut, Giliran 2 Orang Pihak Swasta Diperiksa Kejati Sumsel

Dikatakan Kepala Koperasi, UKM dan Perindustrian, Kabupaten OKI, Suhaimi AP melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pengembangan koperasi, Efendi SH, untuk koperasi Marga Mulya dari arsip yang ada di dinasnya sudah dua tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2022 hingga tahun 2023 ini tidak melaksanakan RAT. 

"Suatu koperasi apabila tiga tahun berturut-turut tidak melaksanakan RAT maka dikenakan sanksi yaitu berupa pembubaran," ujarnya, kepada SUMEKS.CO, Senin 13 November 2023.

Dia menjelaskan, adapun alasan dari koperasi Marga Mulya ini tidak melaksanakan RAT dengan alasan neraca pembukuannya mereka belum clear. Dimana masalah pembukaan yang belum clear dari 2021 ke 2022 jadi belum nyambung. 

"Jadi masalah pembukuan yang belum clear maka mereka menyelesaikan laporan-laporan dulu. Termasuk adanya selisih keuangan yang dengan nilai besar juga jadi tidak RAT," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kasus Korupsi Mafia Pajak Mirip Kasus Gayus Terus Diusut, Giliran 2 Orang Pihak Swasta Diperiksa Kejati Sumsel

Efendi mengatakan, dari pihak koperasi Marga Mulya ini sudah menyampaikan akan melaksanakan RAT pada awal tahun 2024 mendatang. Padahal pihaknya selalu menghimbau koperasi agar melaksanakan RAT setiap tahun maksimal di bulan Juni. Termasuk koperasi Marga Mulya ini. 

"Pekan depan pihak kita akan melakukan monitoring dan pengawasan ke koperasi Marga Mulya. Ini memang tugas kami," katanya. 

Lanjut dia, dari pihaknya menerima laporan secara lisan dari koperasi Marga Mulya bakal akan melaksanakan RAT tahun 2024 sekaligus melakukan pemilihan kepengurusan. 

Terakhir koperasi Marga Mulya ini melaksanakan RAT pada 21 Februari 2021 lalu. Untuk koperasi Marga Mulya ini diketahui bahwa keinginan anggotanya diuadit secara eksternal tetapi audit yang dilakukan adalah audit internal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: