Lomba Cipta Menu B2SA, Cik Ujang Sebut Gizi Baik dan Seimbang Penting untuk Membangun SDM Berkualitas

Lomba Cipta Menu B2SA, Cik Ujang Sebut Gizi Baik dan Seimbang Penting untuk Membangun SDM Berkualitas

Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada Senin, 31 Juli 2023 di Gedung Kesenian Lahat.--

LAHAT, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada Senin, 31 Juli 2023 di Gedung Kesenian Lahat.

Kegiatan ini mengambil tema “Kita Tingkatkan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Pangan Lokal.”

Lomba ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari ibu-ibu PKK, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Peserta diwajibkan untuk membuat menu B2SA yang berbasis pangan lokal. Menu yang disajikan harus memenuhi kriteria B2SA.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat, Ibni Norris, SE., MM mengatakan bahwa Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang digelar pada Senin, 31 Juli 2023 di Gedung Kesenian Lahat merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal.

BACA JUGA:Masih Bingung Cek Penerima BLT El Nino 2023? Cukup Lewat Handphone Ini 2 Cara Mudah yang Bisa Dicoba

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan akan pentingnya konsumsi pangan yang berkualitas, beragam, bergizi, seimbang, dan aman,” kata Norris.

Lomba ini diikuti oleh 30 peserta dari 24 kecamatan di Kabupaten Lahat. Peserta diwajibkan untuk membuat menu B2SA yang berbasis pangan lokal.

“Peserta kami bebaskan untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengolah pangan lokal,” kata Norris.

Penilaian lomba dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari ahli gizi, chef, dan perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat.

Kriteria penilaian meliputi kreativitas dan inovasi dalam mengolah pangan lokal, nilai gizi dan keseimbangan gizi dalam menu, serta rasa dan penampilan menu.

BACA JUGA:GOR Bukit Telunjuk Lahat Siap 100 Persen untuk Porprov 2023

Bupati Lahat, H. Cik Ujang, SH dalam sambutannya pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang berkualitas dicirikan dengan fisik yang tangguh, mental yang kuat, kesehatan yang prima, dan cerdas.

“Oleh karena itu, dibutuhkan gizi yang baik dan seimbang agar daya tahan tubuh terhindar terhadap penyakit,” kata Cik Ujang.

Cik Ujang menjelaskan bahwa gizi yang baik dan seimbang dapat diperoleh dengan mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Pangan lokal merupakan salah satu sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: