Masih Bingung Cek Penerima BLT El Nino 2023? Cukup Lewat Handphone Ini 2 Cara Mudah yang Bisa Dicoba

Masih Bingung Cek Penerima BLT El Nino 2023? Cukup Lewat Handphone Ini 2 Cara Mudah yang Bisa Dicoba

Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino diberikan kepada masyarakat terdampak perubahan iklim El Nino.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Bulan ini pemerintah akan mencairkan bantuan sosial terbaru yakni BLT El Nino 2023, namun masih banyak sekali masyarakat yang bingung dengan cara cek penerima.

Sebenarnya untuk mengecek daftar penerima Bansos El Nino 2023 ini cukup mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan tanpa harus repot keluar rumah. 

Untuk informasi Bansos El Nino 2023 adalah program bantuan yang dibuat untuk mengatasi dampak negatif dari perubahan musim yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Pemerintah kembali merujuk Kementrian Sosial atau Kemensos sebagai lembaga penyaluran Bansos El Nino 2023.

BACA JUGA:BLT El Nino Dicairkan Tak Lama Lagi, Apa Saja Persyaratan untuk Dapatkannya?

Nah memasuki bulan November 2023, Kemensos mulai menyalurkan Bansos El Nino yang sudah diumumkan bahwa Bansos ini akan disalurkan dalam rentan waktu 2 bulan.

Bansos El Nino 2023 ini akan mulai dicairkan per tanggal 1 November 2023 sampai dengan akhir tahun 2023.

BLT El Nino disalurkan dalam bentuk uang tunai yang cair dengan nominal Rp400 ribu dalam 1 kali tahapan yang dirapel langsung dalam 2 bulan.

Nantinya setiap keluarga yang terdampak akan mendapatkan bantuan alokasi di bulan November-Desember 2023 per kepala keluarga.

BACA JUGA:Tak Bisa Sembarang, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Terima BLT El Nino November 2023

Karena termasuk sebagai bansos yang terbilang baru, lantas bagaimana cara masyarakat mengetahui apakah namanya masuk sebagai penerima bansos atau bukan?

Tentunya sebelum itu penerima bansos El Nino 2023 ini harus memenuhi syarat dan sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Nah untuk itu  masyarakat yang sudah terdaftar bisa langsung segera mengecek daftar nama penerimanya dengan 2 cara mudah yakni dapat di cek secara online dan melalui akun di smartphone masing-masing.

Langkah pertama tentunya dengan membuka laman website resmi dari Kemensos yang tertera di cekbansos.kemensos.go.id atau bisa dengan melihat daftar penerimanya melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: