BLT El Nino Dicairkan Tak Lama Lagi, Apa Saja Persyaratan untuk Dapatkannya?

BLT El Nino Dicairkan Tak Lama Lagi, Apa Saja Persyaratan untuk Dapatkannya?

Kabar gembira! BLT El Nino akan segera dicairkan untuk masyarakat miskin di Indonesia. --

SUMEKS.CO - Dalam waktu tak lama lagi, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan dicairkan oleh Pemerintah Pusat untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Akan tetapi, tidak seluruh masyarakat Indonesia yang bisa mendapatkan BLT El Nino ini. Karena, Pemerintah menetapkan persyaratan khusus. 

Pemerintah akan menggelontorkan BLT El Nino pada periode November-Desember 2023 ini dengan merogoh kocek negara sebesar Rp 7,52 triliun. 

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos), bahwa jumlah penerima BLT El Nino ini sebanyak lebih kurang 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

BACA JUGA:Tak Hanya BLT El Nino, Bansos BPNT November-Desember 2023 Juga Cair di Bulan Ini, Buruan Cek Sebelum Terlambat

Menurut Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, kategori masyarakat yang menerima BLT El Nino adalah mereka yang tidak mampu. 

"Masyarakat kategori kelompok miskin dan terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)," jelasnya. 

Akan tetapi, lanjut Tri, jumlah penerima BLT El Nino sebanyak 18,8 juta KPM ini belum finalisasi. Karena, pihaknya masih akan melakukan verifikasi kembali. 

"Saat ini kami sudah memegang data calon penerima BLT tersebut, sehingga tak perlu mengumpulkan data baru," katanya lagi.

BACA JUGA:Tak Bisa Sembarang, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Terima BLT El Nino November 2023

Mensos Tri juga menyarankan kepada masyarakat untuk mengecek sendiri secara online apakah termasuk penerima BLT El Nino atau tidak. Masyarakat bisa mengeceknya lewat dua cara. 

Pengecekan nama melalui website Kemensos, caranya adalah :

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: