MANTAP! Pj Gubernur Minta Petani OKU Timur Tidak Menjual Beras Keluar Sumsel

MANTAP! Pj Gubernur Minta Petani OKU Timur Tidak Menjual Beras Keluar Sumsel

Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Dr Drs H Agus Fatoni MSi.--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Dr Drs H Agus Fatoni MSi meminta petani di OKU Timur tidak menjual beras ke luar Sumsel.

Seperti diketahui OKU Timur salah satu kabupaten yang penghasil beras terbesar di Sumsel. Itu pula yang membuat Sumsel sebagai peringkat ke lima lumbung pangan nasional.

"Saya berpesan kepada bapak ibu petani pedagang jangan menjual padinya atau beras keluar dulu," kata Pj Gubernur Dr Drs Agus Fatoni MSi, saat kunjungan kerja di Kabupaten OKU Timur, Jumat 3 November 2023 lalu. 

Menurutnya, masalah inflasi inflasi itu nyata adanya. Itu karena dampak ekonomi global, kemudian dampak kekeringan akibat El Nino. 

BACA JUGA:NAH LHO! Pantai Komering Mulai Tenggelam, Karang Taruna Ingin Tetap Pertahankan Pengunjung

Hal itu juga berdampak pada perkembangan ekonomi kita sehingga sebagian harga-harga melonjak ini tentu harus kita atasi bersama.

"Kita bersyukur OKU Timur menjadi gudang beras, menjadi gudang pangan. Maka sangat perlu terus kita pertahankan. Sehingga kebutuhan pangan yang ada di OKU Timur bahkan kebutuhan pangan yang ada di Sumatera Selatan bisa disuplai," ujarnya. 

Dia juga mendukung pengembangan lahan-lahan yang produktif agar bisa menghasilkan panen yang lebih besar lagi.

"Kemudian kita teruskan menanam tanaman di kebun di pekarangan di lingkungan kita yang selama ini dengan program Mandiri Pangan itu terus kita lanjutkan. Sehingga kebutuhan pangan bisa kita penuhi," katanya. 

BACA JUGA:Polisi Gerebek Gudang Produksi Solar Palsu di Muba, Belasan Ton Diamankan, 5 Pekerja Ditangkap, Pemiliknya?

Dia juga menghimbau masyarakat agar tidak boros pangan. Budaya itu perlu dilakukan. "Jangan biasakan membuat makanan, jangan biasakan menyisakan makanan jangan biasakan makan berlebihan kita makan secukupnya," kata dia. 

Menurut Pj Gubernur, makanan sehat tidak harus mahal. Dia mengajak masyarakat bersyukur khususnya di OKU Timur tidak susah menemukan makanan sehat. Sayuran ada, buah ada,  umbi-umbian juga tersedia. Dan itu semua sangat sehat.

 "Makanan sehat itu bagi orang kota itu adalah barang-barang mewah yang susah didapat," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: