Polisi Gerebek Gudang Produksi Solar Palsu di Muba, Belasan Ton Diamankan, 5 Pekerja Ditangkap, Pemiliknya?

Polisi Gerebek Gudang Produksi Solar Palsu di Muba, Belasan Ton Diamankan, 5 Pekerja Ditangkap, Pemiliknya?

Gudang produksi solar palsu yang berada di Dusun I, Desa Karangwaru, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Foto: dokumen/sumeks.co--

MUBA, SUMEKS.CO - Polisi menggerebek sebuah gudang yang memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar palsu.

Gudang tersebut persisnya berada di Dusun I, Desa Karangwaru, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

Dari TKP, tim gabungan Unit Pidsus Satreskrim Polres Muba bersama Unit Reskrim Polsek Babat Toman mengamankan lima orang pada Sabtu 21 Oktober 2023, pukul 16.30 WIB lalu.

Lima orang yang diamankan itu yakni Zikar alias Ikung (41), Alpian alias Ian (37), Syukur (35), Doni Wijaya (21), semuanya warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lawang Wetan dan Riyon Sawino (20) warga Desa Pagar Kecamatan Sungai Keruh.

BACA JUGA:Marak, Diduga Mobil Pengangkut Minyak BBM Oplosan Lalu-lalang di PALI

Kapolres Muba AKBP Imam Safii SIK MSi melalui Plt Kasat Reskrim IPTU Dedi Kurniawan SH MH mengatakan, modus pelaku memalsukan solar tersebut yakni dengan mencampurkan minyak hitam ke tangki dengan cairan asam sulfat. 

“Lalu pelaku mengaduk atau menggiling menggunakan mesin hingga membuatnya menyerupai BBM jenis solar,” kata Dedi. 

Lalu, minyak tadi tersebut dimasukkan ke tangki besi dan kemudian dicampur lagi dengan zat kimia cair hingga menyerupai solar. 

“Setelah itu, minyak solar palsu ini dipindahkan ke tangki penampungan,” terangnya.

BACA JUGA:Tambang Minyak Rakyat Belum Dilegalkan Pemerintah, Gudang Minyak Oplosan di Ogan Ilir Jelas Melanggar Hukum

Barang bukti yang disita yakni 6 jeriken berwarna putih ukuran 20 liter yang berisi asam sulfat. Lalu, 7 jeriken berwarna biru ukuran 20 liter yang berisi bahan kimia pemutih.

Selain itu, ikut disita 1 mesin pengaduk merk Robin, 2 mesin pengaduk merk Honda, 5 tangki berukuran 1.000 liter yang digunakan untuk meniru atau mengolah minyak, 6 tangki berukuran 1.000 liter yang berisi minyak solar palsu.

Disita juga sebanyak 6 tangki berukuran 1.000 liter yang digunakan sebagai tempat penampungan cairan berwarna kehitaman yang menyerupai solar, 1 tangki terbuat dari besi berukuran 12 ton yang berisi cairan berwarna kehitaman yang menyerupai solar, dengan perkiraan berat sekitar 7 ton, lalu 3 alat pengaduk baling-baling berbentuk kipas. 

Juga diamankan pula 2 masker full face 5N11 NIOSH N95, 1 tabung untuk mengukur zat kimia, 2 tabung untuk mengukur SG minyak solar, dan satu buah corong kecil berwarna merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: