Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Hindari penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai atau gear set sepeda motor.--

SUMEKS.CO - Gear dan rantai atau gear set pada sepeda motor merupakan komponen sangat vital. Gear set merupakan komponen yang menghasilkan pasokan tenaga untuk kendaraan berakselerasi. 

Pada sepeda motor manual, tanpa gear set, mustahil mesin dapat menggerakkan roda, yang kemudian menghasilkan tenaga gerak. 

Sehingga keberadaan gear set harus selalu menjadi perhatian pemilik sepeda motor. Pengguna atau pemilik kendaraan harus mengetahui apa saja tanda dari gear motor yang mengalami kerusakan atau butuh perawatan untuk performa berkendara yang lebih baik. 

Berbagai faktor menyebabkan gear set cepat aus adalah malas memberi pelumas pada gear dan rantai. Selain itu faktor gear dan rantai kotor juga cepat membuatnya aus. 

BACA JUGA:7 CDI Terbaik, Bikin Sepeda Motor Seperti Jet Darat, Nomor 1 Jadi Buruan Mekanik

Namun, ada beberapa rahasia agar gear set awet bertahun-tahun. 

1. Memberi pelumas khusus gear set

Cara merawat gear dan rantai motor agar awet yang pertama adalah dengan menggunakan pelumas khusus untuk merawat gear motor. 

Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan, hanya dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai kita sudah bisa menjaga performa gear motor tersebut.

BACA JUGA:Bumper Mobil Renggang? Berikut 6 Cara Perbaikan Tanpa Perlu Bantuan Mekanik

Menggunakan pelumas terhadap gear dan rantai juga bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah. Jika rantai dan gear kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan semakin besar, hal ini karena kotoran dan juga kondisi gear yang kering bisa membuat lapisan gear menjadi semakin mengikis.

2. Rutin membersihkan gear set

Ada aturan dalam membersihkan gear sepeda motor. Membersihkan gear minimal sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel. 

Setelah dibersihkan sebaiknya dilumasi kembali gear tersebut menggunakan pelumas gear, agar gear tidak rusak dan tetap aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: