Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Hindari Pelumas Oli Bekas! Ini 5 Rahasia Merawat Gear Set Sepeda Motor, Dijamin Awet Bertahun-tahun

Hindari penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai atau gear set sepeda motor.--

BACA JUGA:Bocoran Mekanik, 5 Tips Lampu Merawat Sepeda Motor Awet dan Terang, Nomor 1 Sering Diabaikan

Membersihkan gear motor harus rutin dilakukan. Sebab selain ban, komponen ini juga termasuk bagian yang paling gampang kotor pada motor. 

Apalagi jenis sepeda saat ini gear tidak dilindungi penutup atau ketangkes. Sehingga sangat rentan terkena debu, air hujan dan juga pasir. Bahkan terkadang lumpur juga menempel.

3. Kontrol posisi gear motor

Selalu kontrol posisi dari gear motor rahasia merawat gear selanjutnya. Sebaiknya selalu setel gear pada posisi tengah atau center. Bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman.

BACA JUGA: Motor Tiba-Tiba Mogok dan Tidak Ada Pengapian? Inilah 9 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setiap pabrik dari motor ini sendiri tentu saja sudah memberikan semacam tanda pada ujung lengan penjepit roda semacam garis-garis, yang berguna sebagai alat memastikan roda sepeda motor terpasang dengan lurus. 

Meskipun masing-masing memiliki ukuran gear motor yang berbeda-beda tapi tentu saja semuanya memiliki alat ini.

Cara menggunakan alat ini adalah dengan mengendorkan baut pada roda belakang. Kemudian tinggal menyesuaikan kedudukanya. Jika sudah pas maka tinggal mengencangkan kembali baut tersebut.

4. Mencuci gear set usai kehujanan

BACA JUGA:Tidak Hanya Memberikan Penerangan yang Optimal, Ini Kelebiahan dan Kekurangan Lampu LED

Ketika sepeda motor kehujanan atau bahkan kebanjiran, sebaiknya segera untuk melakukan penyemprotan gear dan rantai dengan air yang bersih. 

Setelah kering, jangan lupa memberi pelumas, agar tidak menimbulkan karat pada gear dan rantai akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

5. Hindari menggunakan oli bekas

Menggunakan oli bekas sudah jadi kebiasaan banyak pemilik sepeda motor untuk melumasi gear set sepeda motornya. Padahal cara ini sangat salah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: