14 Sekolah di Sumsel Dapat Apresiasi Pj Gubernur Agus Fatoni Setelah Berhasil Raih Penghargaan dari KLHK RI

14 Sekolah di Sumsel Dapat Apresiasi Pj Gubernur Agus Fatoni Setelah Berhasil Raih Penghargaan dari KLHK RI

PJ Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat penyerahan piagam penghargaan ke 14 sekolah yang meraih Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis, 2 November 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengapresiasi 14 sekolah di Sumatera Selatan yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023. 

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) di Kantor Gubernur Sumsel, pada Kamis, 2 November 2023.

"Kami ucapkan selamat atas capaian yang didapat sekolah dan pembinaanya sehingga berhasil mendapat penghargaan ini," kata Agus Fatoni.

Dirinya berharap kepada 14 sekolah agar kiranya terus meningkatkan prestasinya kedepan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel

"Saya harap ini bisa masif dan gelorakan  sehingga semua sekolah menuju kesana," tambahnya.

Lebih lanjut Fatoni juga menilai, terpeliharanya lingkungan hidup ini sangatlah penting. Oleh karena itu, semua pihak harus terlibat melalui penanaman cinta lingkungan dari sekolah masing-masing.

"Sekarang ini marak perubahan iklim dan sedang El Nino, jadi dari mulai sekolah perlu ditanamkan terhadap kecintaan lingkungan hidup," harapnya.

Fatoni menyebutkan penghargaan yang telah diterima merupakan bentuk apresiasi atas apa yang telah diperbuat untuk kelestarian lingkungan serta perlu terus disosialisasikan kepada anak didik terkait kesadaran menjaga lingkungan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor Pj Kepala Daerah, Ini Arahan Presiden Jokowi

"Jadi Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup harus menjadi duta lingkungan, jadi harus ada tanggung jawab bukan hanya sekedar menerima penghargaan," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Edward Candra menyebut penghargaan Adiwiyata adalah salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan melakukan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

"Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup," ucapnya.

Sebagai informasi, 14 sekolah di Sumsel yang menerima penghargaan Adiwiyata terdiri dari 3 Sekolah penerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan 11 Sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional. Masing-masing  penerima Adiwiyata Mandiri, yaitu SD Fransiskus Baturaja, SD Negeri 11 OKU dan SD Negeri 4 Ujan Mas Kabupaten Muara Enim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: