Alhamdulillah! Kasus ISPA di Banyuasin Turun, Berkat Diguyur Hujan

Alhamdulillah! Kasus ISPA di Banyuasin Turun, Berkat Diguyur Hujan

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin Rini Pratiwi.--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Kasus Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) di wilayah Bumi Sedulang Setudung mengalami penurunan.

"Alhamdulilah mengalami penurunan, terutama sejak diguyur hujan beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin Rini Pratiwi didampingi Eni Diana Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit. 

Berdasarkan data pada tanggal 28-29 Oktober kasus ISPA yang masuk ke dinas kesehatan Banyuasin hanya mencapai 196 kasus.

"Itu termasuk sedikit," bebernya.

BACA JUGA:Hari Ini, Terakhir Bupati Iskandar Lantik 7 Kades Terpilih, Ini Pesanya

Terutama jika dibandingkan sebelum turun hujan dan kabut pekat yang melanda Banyuasin beberapa waktu lalu, kasus ISPA bisa mencapai ribuan kasus.

"Bulan September sebanyak 3.514 kasus ISPA, " jelasnya. 

Tapi tidak menutup kemungkinan kasus ISPA akan meningkat, apalagi sejak Senin 30 Oktober 2023 pekatnya kabut asap masih muncul.

"Hari Senin kabut asap mulai kembali pekat," imbuhnya.

BACA JUGA:Host Siaran Gunakan Syal Palestina, Dewan Pers: Melanggar Kode Etik, Banding-bandingkan dengan Media Eropa

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan terutama anak-anak dan juga lansia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan, agar bisa menyesuaikan jam masuk sekolah. Tujuannya, agar tidak cepat terdapat kabut asap yang mulai kembali tebal," tukasnya.

Masyarakat sendiri harus mengetahui gejala bila mulai terkena ISPA, misalnya mulai mengalami flu biasa, influenza, sinus, batuk dan radang tenggorokan.

"Kami himbau, bila sudah mulai ada tanda tanda seperti ini lebih baik ke puskesmas," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: