BPPW Sumsel dengan Pemkot Palembang, Dukung Fungsionalisasi Bank Sampah

BPPW Sumsel dengan Pemkot Palembang, Dukung Fungsionalisasi Bank Sampah

Pemkot Palembang menerima audiensi BPPW Sumsel terkait pengelolaan sampah daerah. -Foto doksumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Selatan menegaskan akan mensuport Fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah untuk Mendukung Sistem Pengelolaan Sampah di Daerah.

BACA JUGA:Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel akan Relokasi PKL Depan Pasar Lemabang, Ratu Dewa Tawarkan Solusi Ini

" Nanti akan ada beberapa kegiatan yang kami gelar, " kata Kepala BPPW Sumsel Achnmad Irwan Kusuma melalui Kasubag TU di Ruang Rapat Setda Pemkot Palembang.

Hal itu disampaikan usai melakukan audiensi dengan Asisten II Ahmad Zulinto dan beberapa pejabat lainya, Senin 30 Oktober 2023.

BPPWmenjelaskan  Ditjen Cipta Karya akan melaksanakan kegiatan “Fungsionalisasi TPS 3R/Bank Sampah untuk Mendukung Sistem Pengelolaan Sampah di Daerah. "

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan meliputi Mengelola sampah dari 200 KK/rumah (mengumpulkan sampah ke TPS 3R/Bank Sampah.

BACA JUGA:Resmi, Bupati Panca Buka Forkab Kormi 2023, Ini Harapannya

Kemudian mengolah sampah di TPS 3R/Bank Sampah, menyalurkan produk dari TPS 3R/Bank Sampah ke offtaker, dan mengangkat residu pengolahan dari TPS 3R/Bank Sampah ke TPA Sampah).

"Melakukan sosialisasi sistem pengelolaan sampah yang benar pada masyarakat yang dilayani oleh TPS 3R/Bank Sampah, untuk meningkatkan kinerja operasi TPS 3R/Bank Sampah dan mendukung kinerja (overall) sistem pengelolaan sampah di daerah," ujar Achmad Irwan Kusuma.

Kemudian juga mengoperasikan TPS 3R/Bank Sampah selama 30 hari kalender, serta membangun mekanisme pencatatan (log book) untuk mengetahui jumlah sampah masuk yang terolah (ton/bulan).

Nantinya jumlah sampah daur ulang & B3 yang diambil oleh offtaker (ton/bulan), jumlah kompos yang dihasilkan dan diambil oleh offtaker (ton/bulan) dan jumlah sampah residu yang diangkut TPA sampah (ton/bulan).

BACA JUGA:Mutasi Pejabat Pemkot, Zulinto-Ansori Bertukar Posisi

"Sehingga diketahui tingkat keberhasilan penanganan sampah yang terjadi di TPS 3R/Bank Sampah," ujarnya.

Juga mengundang pimpinan daerah, OPD pengampu, masyarakat, dan media sosial untuk hadir dalam acara puncak HHD-HKD.

Ini sebagai upaya untuk memberikan informasi melalui media sosial tentang pentingnya peran TPS 3R/Bank Sampah dalam sistem pengelolaan sampah di daerah, yang didasarkan pada kinerja TPS 3R/Bank Sampah selama pendampingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: