Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel akan Relokasi PKL Depan Pasar Lemabang, Ratu Dewa Tawarkan Solusi Ini

Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel akan Relokasi PKL Depan Pasar Lemabang, Ratu Dewa Tawarkan Solusi Ini

Ratu Dewa--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan kolaborasi merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Lemabang. 

PKL tersebut mengganggu arus lalu lintas hingga  menyebabkan kemacetan parah di kawasan depan Pasar Lemabang, Ilir Timur II, Palembang. 

Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni mengatakan pihaknya bersama pemerintah Kota Palembang akan menata ulang Pasar Lemabang

"Kita sudah melakukan diskusi sama Pj Wako Palembang, Pak Ratu Dewa. Nantinya akan kita bersama lakukan penataan ulang, tetapi secara bertahap," katanya beberapa hari lalu saat meninjau Pasar Lemabang. 

BACA JUGA:Bersihkan Sungai Bayas dari Tumpukkan Sampah, Pj Wako Palembang Ratu Dewa: Ini Antisipasi Jelang Musim Hujan

Mengenai relokasi PKL di pasar Lemabang, Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa membenarkan Pemkot Palembang akan melakukan relokasi pedagang di kawasan tersebut. 

"Untuk relokasi pedagang khususnya yang di depan. Kemarin sudah saya minta ditertibkan. Tetapi menertibkannya bukan hanya personil tetapi juga dipasang pembatas jalan kun-kun agar tidak maju kedepan pedagangnya," ungkap Ratu Dewa. 

Ratu Dewa menjelaskan, mengenai relokasi tersebut, Pemkot Palembang juga akan memberikan solusi untuk pedagang. 

"Pedagang di dalam kan sudah ramai tempatnya. Terus bagaimana solusinya untuk pedagang di luar yang direlokasi. Solusinya harus ada jangka menengah dan jangka panjang," jelasnya. 

BACA JUGA: Pj Wako Palembang Serahkan 4 Kontainer Mart-Booth Bank Sumsel Babel untuk Masjid Darussaid

Menurut Ratu Dewa, jangka menengahnya ialah setelah membebaskan kawasan di depan Pasar Lemabang tersebut. 

Nantinya Pemkot Palembang akan menganggarkan untuk menggunakan rumah-rumah di sekeliling kawasan disana. 

"Umpamanya ada rumah-rumah di sekitar sana, nanti kita bebaskan. Jadi tidak hanya menggusur PKL saja, kita juga memberi solusi untuk mereka," jelasnya. 

Ratu Dewa menyebutkan bagaimana penataan pasar lebih lanjut untuk jangka panjang tentunya membutuhkan kajian lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: